NEWS

BIOC : Dari Olat Maras untuk Dunia

Rector Notes No. 354

Bahasa Indonesia Online Course (BIOC) @indonesianstudies adalah salah satu program yang digagas oleh Direktorat Kerjasama Luar Negeri @utsinternational Wakil Rektor 4 yang bertujuan memberikan pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.

Selain bahasa dan budaya, BIOC juga memberikan informasi terkait dengan mekanisme melakukan bisnis di Indonesia. Sejak program ini dilaunching pada Juli 2021, BIOC telah meluluskan empat angkatan.

Masing masing angkatan rata rata berjumlah 10-15 orang, sehingga sampai saat ini lebih dari 50 orang asing yang telah berpartisipasi dalam program ini.

Mereka berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Jerman, Kroasia, Inggris, Irlandia, Rusia, Swiss, Belanda, Jepang, Spanyol, Finlandia, Estonia, Australia, Italia, Iran, Afrika Selatan, Belgia, Kolombia, Hungaria, Serbia, Haiti dan Argentina.

 

Selama kurang lebih 6 minggu para peserta mendapatkan pelatihan dan pendidikan bahasa dan budaya secara online. Mereka mendapatkan Certificate of Completion yang dikeluarkan oleh kampus setelah menyelesaikan program.

Salah satu dari misi yang diemban kampus ini adalah memberikan akses pendidikan tinggi yang luas kepada masyarakat. Hal ini kami realisasikan bukan hanya dengan menambah jumlah mahasiswa yang kuliah di UTS dengan penambahan program studi baru, namun juga dengan menambah jumlah masyarakat umum yang mendapatkan pelayanan pendidikan tinggi dari UTS melalui pelatihan (training) atau kursus singkat.

Selain BIOC yang targetnya mendunia, saat ini kami sedang mempersiapkan program pelatihan dengan memberdayakan potensi keahlian pada dosen dan staf. Karena sejatinya, kampus adalah gudangnya ilmu pengetahuan.

Melalui Olat Maras Training Center (OMTC) @trainingcenter.uts kekuatan ilmu pengetahuan ini akan diramu, dikemas dan siap untuk disajikan kepada masyarakat banyak yang membutuhkan pelayanan.

Dengan begitu, ilmu pengetahuan dari para dosen dan staf dapat dibumikan ditengah masyarakat. Dosen bisa cepat jadi professor, kesejahteraan pun semakin meningkat. Poin dan koin didapatkan secara bersamaan.

#utsmembumidanmendunia