NEWS

Kerja Sama dengan DUDI di Jakarta

Rector Notes No. 469

Upaya untuk terus memfasilitasi para mahasiswa mendapatkan pengalaman pendidikan di luar perguruan tinggi terus dilakukan. Kali ini, Dekan FRS Pak @mietraanggara , Dekan FTLM Pak @dedy.wansyah , Kaprodi Teknik Elektro Pak @indraid09 melakukan kunjungan sekaligus penandatanganan kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di Jakarta.

Kita pahami memang ketersediaan DUDI di Sumbawa khususnya dan NTB umumnya masih terbatas. Sehingga para Dekan dan Kaprodi harus jemput bola ke Jakarta. Dengan didukung oleh Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diberikan oleh Diktiristek kepada Prodi Teknik Elektro, UTS terus berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk menyediakan kesempatan bagi para Elang Muda.

Tahun ini alhamdulilah UTS kembali berhasil masuk dalam nominasi penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek (AKD). Tahun lalu kita mendapatkan AKD Bronze Winner untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta Kerja Sama dengan Industri Terbaik. Tahun ini ada peningkatan dimana UTS masuk pada tiga kategori: Kerja Sama dengan Industri terbaik, Kerja Sama dengan Pemerintahan/LSM terbaik dan Kerja Sama Internasional terbaik. Seleksinya telah dilakukan dan semoga hasilnya mendapatkan yang hasil yang menggembirakan.

Selain memberikan peluang kepada para mahasiswa, kerja sama dengan DUDI juga memberikan kesempatan bagi para dosen untuk dapat berinteraksi dengan industri dan para praktisi, sehingga dapat melakukan joint research atau joint publication. Meningkatnya jumlah kerja sama membawa peningkatan pada jumlah publikasi ilmiah. Tahun 2023 ini adalah tahun puncak publikasi yang dihasilkan oleh sivitas akademika UTS, dimana 1000-an paper telah dihasilkan dari 150-an, dosen aktif.

Pencapaian ini tentu berkat sistem tata kelola kampus yang telah terbangun dengan baik. Remunerasi penelitian, sistem Beban Kerja Dosen (BKD) internal UTS, dan sistem kepegawaian adalah beberapa diantara sistem tata kelola yang dibuat untuk menjadikan para dosen dapat mengembangkan potensi dirinya menjadi manusia yang utuh yang bermanfaat bagi semesta alam.

Terima kasih Pak Dekan dan Pak Kaprodi!

#utsmembumidanmendunia