NEWS

SALUTS untuk Sumbawa, NTB dan Indonesia

Rector Notes No. 466

Hari Rabu lalu (15/11/2023) kami bersama seluruh Wakil Rektor dan Dekan memberikan buku gagasan pemikiran sivitas akademika UTS kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang kami beri judul SALUTS (Solusi Ala UTS). SALUTS berisi 593 pemikiran yang disajikan dalam bentuk artikel ilmiah hasil penelitian baik dalam bentuk skripsi dan tesis.

Artikel ilmiah ini seluruhnya telah dipublikasikan dalam bentuk konferensi prosiding (UTS Student Conference – USC dan Seminar Nasional Manajemen Inovasi – SEMAI) dan artikel di jurnal-jurnal. Beberapa diantara artikel ilmiah ini ada yang telah diaplikasikan seperti teknologi tepat guna dan sebagian lainnya berupa inovasi yang intangible seperti inovasi dalam reformasi birokrasi, manajemen, dll.

Jika dirupiahkan nilainya berjumlah milyaran. Asumsinya : jika untuk menghasilkan penelitian dalam skripsi/tesis membutuhkan biaya rata rata Rp 5 juta saja, maka nilai SALUTS setara dengan ~ Rp 3 milyar per semester. Sehingga, per tahunnya kontribusi SALUTS mencapai ~ Rp 6 M. Tentu jumlah ini bisa lebih dan kurang, karena ada penelitian yang memerlukan biaya > dan < Rp 5 juta. Biaya penelitian ini berasal dari pendanaan mandiri mahasiswa/dosen dan hibah pihak ketiga dari pemerintah ataupun swasta.

 


SALUTS dapat menjadi rujukan pemerintah untuk mengembangkan daerah kedepan di berbagai bidang. SALUTS berisi pemikiran-pemikiran bidang ilmu sosial dan politik, psikologi dan humaniora, ekonomi, bisnis dan hukum, ilmu dan teknologi pertanian, ilmu dan teknologi hayati, rekayasa sistem, teknologi lingkungan dan mineral, dan manajemen inovasi.

Selain itu, SALUTS juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan Indeks Inovasi Daerah, yang berdasarkan SK Mendagri tanggal 21 Desember 2022 tentang Indeks Inovasi Daerah tahun 2022, Sumbawa mendapatkan peringkat ke-88 dari 415 Kabupaten (nilai 54,77) dengan Predikat Inovatif. Sementara itu Provinsi NTB mendapatkan peringkat Sangat Inovatif dengan posisi nomor 6 dari 34 Provinsi. Ini yang membuat Provinsi NTB mendapatkan penghargaan dari Mendagri dua tahun berturut-turut dimana inovasi UTS turut serta didalamnya.

#utsmembumidanmendunia