NEWS

Niat Baik bertemu Orang Baik

Rector Notes No. 467

Pagi ini saya jalan mengelilingi kampus dengan Adi Laksamana dan Jumadil. Mereka berdua adalah pengurus DKM Masjid Al-Kahfi UTS. Adi baru saja pulang dari kegiatan yang diadakan oleh Asosiasi Masjid Kampus Indonesia di Secapa, Bandung. Sabtu minggu lalu ia pamit kepada saya untuk izin mengikuti jambore nasional AMKI.

Ini pengalaman baru baginya. Seumur hidupnya, belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Jawa. Adi berasal dari Nusa Tenggara Timur. Karena keterbatasan anggaran, ia tidak naik pesawat ke Bandung, tetapi melalui jalur laut dan darat. Rutenya dari Sumbawa – Lombok – Surabaya – Bandung, melewati dua lautan.

Adi bercerita, sesampainya di terminal Bandung, ia kebingungan mencapai lokasi. Sebelum berangkat, Adi sudah bertanya kepada teman temannya yang berasal dari Pulau Jawa. Mereka menyarankan untuk menggunakan aplikasi Ojek Online. Tapi, karena baru pertama kali, ia tidak tahu bagaimana menggunakannya.

Terlihat kebingungan, akhirnya ada orang yang mendatangi. Ditanyakan mau kemana dan disampaikan bahwa ia mau menuju Secapa, Bandung. Orang itu menawarkan untuk mengantarnya. Adi bimbang, karena teman temannya sudah mewanti-wanti agar berhati hati dengan orang yang tidak dikenal. Di tengah-tengah kebimbangan ini, ia putuskan untuk menerima tawaran orang ini.


Ternyata orang itu adalah orang baik. Diantarkannya Adi menuju lokasi yang memakan waktu setengah jam. Sesampainya di lokasi, Adi bertanya berapa biayanya. “Tidak usah, pengang saja uangnya untuk menambah uang jajan”. Akhirnya Adi bisa sampai ke lokasi, meski agak terlambat karena acara telah dimulai.

Adi bercerita bahwa ia sangat terkesan dengan acara ini. Ia berkenalan dengan teman teman dari seluruh Indonesia. Totalnya ada 350 orang, dimana Adi adalah satu satunya perwakilan Bali-Nusra. Ia belajar bagaimana mengelola masjid, terutama menjaga kebersihannya juga pengelolaan kesejahteraan masjidnya.

Adi merasa banyak mendapatkan pertolongan Allah melalui orang-orang baik. Pengalaman mengikuti jambore AMKI ini begitu berkesan baginya. Tak terasa 4.5 km telah dilalui jalan pagi ini disertai cerita seru dari Adi.

#utsmembumidanmendunia