NEWS

Untuk Kemajuan Pendidikan dan Penelitian, UTS Jalin Kerja Sama dengan Gachon University Korea Selatan

Sumbawa, tvOnenews.com – Upaya UTS (Universitas Teknologi Sumbawa) untuk terus memperluas jejaring kerjasama internasionalnya semakin berkembang. Rektor UTS, Chairul Hudaya lakukan kunjungan kerja internasional yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama dengan Gachon University dan Smart Materials Research Center for IoT di Korea Selatan, Selasa (11/2023).

“Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara UTS dan Gachon University ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kolaborasi antar dua institusi pendidikan,” kata Rektor UTS, Chairul Hudayah, Rabu (08/11/2023).

Gachon University, kata Cahirul, salah satu universitas swasta terkemuka di Korea Selatan, memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa, tetapi saat ini belum banyak mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana.

“Melalui kerjasama ini, kita bisa mengirimkan alumni atau dosen dari UTS untuk mengejar gelar doktor (S3) terkait bidang material di Gachon University,” ungkapnya.

Gachon University, lanjutnya, dikenal memiliki keunggulan dalam bidang spektroskopi dan menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing.

“MoU ini diharapkan akan memfasilitasi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa dan mengakses sumber daya penelitian yang canggih,” kata Chairul lagi.

Kerjasama ini mencakup berbagai bidang, termasuk pertukaran dosen dan staf, pertukaran pelajar, kegiatan penelitian bersama, partisipasi dalam seminar akademik, pertukaran materi akademik, dan program akademik khusus jangka pendek.

“Dengan langkah ini, UTS terus memperluas horisonnya dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.” pungkasnya. (Irw/frd)