NEWS

Courtesy Meeting dengan President KIST

Rector Notes No. 459

Kemarin kami melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Korea Institute of Science and Technology (KIST), Dr. Seok-Jin Yoon. Tahun lalu kami bertemu dengan beliau di Vietnam dalam acara pertemuan alumni KIST dari berbagai negara. Saat ini Dr. Yoon telah menyelesaikan tugasnya sebagai Presiden KIST selama 3 tahun dan sedang menunggu penetapan presiden KIST selanjutnya, yang akan diputuskan oleh kementerian terkait.

Kami mengapresiasi yang dilakukan oleh KIST dalam merawat jaringan dengan para alumninya. Dalam pertemuan alumni tersebut biasanya para alumni diminta sharing mengenai progres penelitian yang dilakukan.

Selain mengadakan pertemuan rutin, KIST juga memberikan pendanaan (hibah) bagi para alumninya untuk melakukan penelitian. Nilainya sekitar KRW 15 juta (~ Rp 180 jt), dimana syaratnya adalah melakukan penelitian bersama dengan para peneliti di KIST. Biasanya dilakukan bersama dengan para supervisor ketika studi. Saya penerima hibah ini selama 3 tahun berturut-turut setelah kelulusan. Ada puluhan alumni KIST yang mendapatkan hibah ini.

Hibah tersebut sangat berarti bagi kami untuk melakukan penelitian di bidang material baterai di Elektro UI bersama para mahasiswa group penelitian Electric Power and Energy Materials (EMAT). Dekan KIST School, Prof. Hyun-Joo Lee mengatakan bahwa langkah yang dilakukan oleh KIST ini menjadi inspirasi bagi kampus lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Alumni adalah pilar penting bagi kemajuan kampus. Suksesnya alumni dalam berkarir secara langsung ataupun tidak langsung, sangat berpengaruh terhadap kemajuan kampus. Selain itu juga memperlihatkan bagaimana kualitas pendidikan yang diberikan oleh kampus. Bagaimana kurikulum yang didesain dapat beradaptasi dan sesuai dengan kebutuhan lulusan dalam bekerja di industri, melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan/atau berwirausaha.

Saya pribadi mendapatkan banyak pelajaran dari kuliah di KIST, baik terkait budaya kerja, pengelolaan SDM, sistem penelitian dll. Beberapa diantara pelajaran itu telah kita implementasikan di kampus UTS tentu dengan penyesuaian.

Terima kasih KIST!

#utsmembumidanmendunia