NEWS

Agrovoltaic

Rector Notes No. 448

Suatu waktu, sahabat saya Adrianto, VP of Renewables Medco Power yang memiliki PLTS berkapasitas 26.8 MWp di Kabupaten Sumbawa Barat menghubungi saya. Ia meminta saya datang ke PLTS nya, barangkali ada yang bisa dikembangkan dari tanah seluas 26 Ha dimana diatasnya terpasang panel surya.

Konsep pemanfaatan lahan ini disebut dengan agrovoltaic. Agro berarti pertanian, dan voltaic berasal dari kata photovoltaic yang berarti piranti pengubah energi surya menjadi energi listrik. Sehingga agrovoltaic bermakna pemanfaatan lahan PLTS untuk dikombinasikan dengan kegiatan pertanian. Dua urusan sekaligus dapat dicapai : ketahanan energi dan ketahanan pangan.

Kami mengajukan untuk menanam semangka merah tanpa biji. Setelah disetujui, kami melakukan penanaman dimana semangka tumbuh cukup subur. Kurang lebih 2 minggu sebelum panen, Qodarullah, kehadiran buah semangka di bawah panel surya ini mengundang tamu tak diundang. Gerombolan kera datang dan mengambil hampir semua buah yang hampir memerah. Mereka mengambilnya sore dan malam hari ketika tidak ada petugas yang berjaga di site plant.

Panen perdana pun gagal. Kita tidak pernah menduga akan datang gangguan hama dari satwa yang tinggal di sekitar PLTS. Tak menyerah sampai disitu, kami mencoba untuk menanam kembali. Kali ini dengan menggunakan jaring pelindung. Namun, panen kedua juga gagal karena tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Usaha terus dilakukan. Pada percobaan yang ketiga kita merubah strategi. Kali ini kita tidak menanam semangka, namun menanam sayur sayuran agar dalam waktu 1-1,5 bulan dapat dipanen. Tim yang terdiri dari dosen FITP (Bu Lana, Bu Ratna, Pak Chairul) dan FTLM (Pak Amri, Pak Dayat) yang dibantu oleh pegawai di lapangan terus berjuang agar menghasilkan sayur kangkung cabut, bayem, pokcoi dan seledri.

Alhamdulillah panen ketiga untuk sayuran ini sangat berhasil. Sayuran yang telah dipanen dikemas dengan apik, seperti sayuran yang dijajakan di super market untuk menjaga kualitas sayuran. Sebagai bentuk rasa syukur, atas arahan Medco, kita membagikan sayuran tersebut untuk para pegawai dan masyarakat sekitar PLTS. Berkah untuk UTS dan Medco!

#utsmembumidanmendunia