NEWS

Enam Nilai Nilai Universitas

Rector Notes No. 408

.

Dalam sebuah organisasi, pasti ada nilai nilai (values) yang ingin diraih, baik oleh organisasi itu sendiri maupun oleh para anggotanya. Begitu juga dengan kampus. Ada nilai nilai yang ingin ditanamkan, diimplementasikan yang menjadi bekal khususnya bagi para dosen, tendik, mahasiswa dan lulusan/alumni.

Di UTS nilai nilai ini disingkat menjadi I-BIRTH, yang merupakan kependekan dari Integritas, Bertanggung jawab, Inklusif, Religius, Transformatif dan Humanis. I-BIRTH bermakna “saya senantiasa melahirkan kebaikan dan kebermanfaatan bagi semesta alam”.

Integritas adalah kunci utama kesuksesan. Orang yang berintegritas pasti akan jujur dan berwibawa. Bertanggung jawab bermakna melakukan sesuatu dengan sungguh sungguh dan selalu siap untuk menanggung risiko dengan sepenuh hati. Inklusif adalah lawan dari eksklusif yang berarti mengajak dan merangkul segenap sumber daya manusia dalam kerjasama demi kehidupan yang lebih bermartabat, adil, saling menghormati dan menghargai perbedaan. Religius berarti percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Transformatif berarti senantiasa berfikir dan bersikap pembaharuan dan perubahan. Dan Humanis bermakna berasaskan perikemanusiaan.

Pesan akan nilai nilai ini perlu terus digaungkan agar menjadi modal utama ketika lulusan UTS berperan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Pembentukan kematangan karakter dari nilai nilai ini sangat mungkin terjadi ketika seseorang menjadi mahasiswa.

Nilai nilai ini bisa didapatkan bukan hanya ketika seorang mahasiswa mengikuti perkuliahan di kelas. Namun bisa didapatkan pada perkuliahan di luar kelas (program MBKM) dan pengalaman dalam berorganisasi baik organisasi dalam maupun luar kampus.

Di UTS, kita memiliki Badan Pembinaan Karakter setingkat Wakil Rektor yang salah satu tugasnya adalah mengurusi penerapan nilai nilai ini. Harapannya tentu dapat menghasilkan lulusan yang bukan hanya menguasai IPTEK, namun memiliki karakter yang diharapkan bersama, I-BIRTH. Mari kita terapkan dan jaga bersama sama.

#utsmembumidanmendunia