NEWS

Beasiswa untuk Penyandang Disabilitas

Rector Notes No. 407

.

Ada bangga campur haru. Saat melihat penampilan dua mahasiswa Seni Tari, Ika dan Firza pada MBKM Expo lalu. Ini karena keduanya tidak seperti kita kebanyakan. Ika adalah penyandang tuna rungu (tuli) sedangkan Firza penyandang tuna grahita.

Di hadapan Pak Dirjen Dikti, Prof. Nizam dan hadirin yang hadir, keduanya menampilkan tarian yang apik karya Bu Suvina, Kaprodi Seni Tari. Tari ini terinspirasi dari kegiatan mopo (mencuci baju).

Ternyata, di Sumbawa ini ada banyak saudara saudara kita penyandang disabilitas. Ribuan jumlahnya. Itu pernah diungkapkan oleh dr. Nuzul, pengurus Yayasan Peduli Disabilitas Pulau Sumbawa. Pak Burhanuddin, Kepala SLB Sumbawa menceritakan bahwa ada banyak anak anak SLB Sumbawa yang ingin melanjutkan kuliah. Kebetulan semester ini saya menjadi pembimbing tesis beliau di prodi magister manajemen inovasi dan mengangkat topik peningkatan kualitas mutu pembelajaran di SLB Sumbawa.

Kami siap menyambutnya dengan memberikan beasiswa khusus. Beasiswa ini ditujukan untuk kuliah pada dua prodi : Bisnis Digital dan Kewirausahaan. Kenapa dua prodi ini? Karena dua prodi ini memang diarahkan untuk mencetak pengusaha. Kita tahu seorang pengusaha memiliki karakter yang mandiri, independen, berdaya, serta bermanfaat bagi diri dan lingkungannya. Dengan begitu kita berharap mereka yang menyandang disabilitas bisa berkarya dan berdaya setelah kelulusannya.

Sesuai dengan misi kami, UTS akan terus membuka akses seluas luasnya bagi siapapun yang ingin meraih mimpinya untuk mengenyam pendidikan tinggi, termasuk para penyandang disabilitas. Mereka pasti punya potensi yang besar yang belum tergali. Di satu sisi mungkin kita mengganggap mereka ada satu kekurangan, namun sebenarnya disisi lain memiliki banyak kelebihan. Dan semoga dengan berkuliah, potensi tersebut menjadi muncul. Buktinya terlihat pada Ika dan Firza.

Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiim : Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

#utsmembumidanmendunia