NEWS

Professor Raldi, sang Ikon Prestasi Pancasila

Rector Notes No. 393

.

Dari sekian orang yang saya jadikan panutan sebagai dosen adalah Prof. Raldi Artono @koestoer . Beliau adalah Guru Besar Departemen Teknik Mesin FTUI. Bidang keahlian utamanya adalah perpindahan panas (heat transfer).

Beberapa hari lalu, Prof. Raldi dinobatkan sebagai penerima Ikon Prestasi Pancasila oleh pemerintah (BPIP). Saya menelepon beliau untuk mengucapkan selamat sambil meminta wejangan. Selalu ada semangat dan inspirasi baru setelah diskusi dengan beliau.

Seperti banyak yang telah dicover oleh media nasional hingga media internasional (Al-Jazeera), Prof. Raldi adalah peneliti yang mengembangkan inkubator bayi. Inkubator ini adalah alat pertolongan pertama bagi bayi yang lahir secara prematur, bayi yang mengalami kekuningan atau bayi yang lahir dengan bobot kecil. Hingga saat ini total bayi yang telah menggunakan inkubatornya lebih dari 6000-an bayi.

Skemanya dengan membentuk para relawan yang tersebar lebih dari 130 kota/kabupaten. Inkubator bayi ini dipinjamkan secara cuma cuma, tanpa dipungut bayaran. Maka mereka yang kurang secara ekonomi sangat terbantu dengan kehadiran inkubator ini.

Saya menawarkan agar di Sumbawa dibuka cabang mini-factory pembuatan inkubator bayi. Beliau menyambut baik dan menyetujuinya. In syaa Allah bulan Januari mendatang beliau akan datang secara khusus ke UTS. Ribuan Elang Muda siap duduk bersila di RPK untuk mendengar wejangan dan motivasi beliau.

Prof. Raldi adalah sosok panutan sebagai seorang dosen. Beliau mampu membumikan keilmuannya untuk kebermanfaatan masyarakat banyak. Bukan tipe dosen yang sekedar jago membuat paper yang entah apa ada gunanya dan kapan dirasakan manfaatnya oleh ummat.

Memang sangat pantas beliau mendapatkan penghargaan ini. Bahkan menurut saya, beliau sangat cocok mendapatkan nobel kemanusiaan atas apa yang telah beliau lakukan.

#utsmembumidanmendunia