NEWS

Membentuk Manusia yang Utuh

Rector Notes No. 392

.

Kampus UTS memiliki visi menjadi rumah pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan untuk tumbuh utuh menjadi manusia yang bermanfaat bagi semesta alam. Apa yang dimaksud dengan manusia yang tumbuh utuh?

Dr. Quraish Shihab dalam sebuah tayangan di Youtube pernah membahas mengenai bagaimana menjadi manusia yang seutuhnya. Manusia terdiri dari jasmani, rohani dan akal.

Dari sisi jasmani, seluruh sivitas akademika UTS (dosen, mahasiswa dan tendik) perlu untuk menjaga agar tubuhnya tetap sehat, memperhatikan penampilan diri, dan kesehatannya. Oleh karena itu, perlu pola makan yang teratur, asupan gizi dan nutrisi yang baik pada tubuh serta melakukan olahraga yang cukup.

Dari sisi akal, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari selama proses pembelajaran di kampus perlu terus digali sesuai dengan bidang masing masing. Kompetensi diri perlu terus diasah dan dipertajam. Sertifikasi kompetensi sebagai salah satu ukuran penguasaan kompetensi perlu terus dilakukan. Kita semua perlu memastikan bahwa lulusan dari kampus Olat Maras memiliki kompetensi keilmuan yang diharapkan.

Dari sisi rohani, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing, perlu terus diperdalam dan senantiasa untuk saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Program program coaching, pembinaan dan mentoring perlu menjadi sebuah concern. Di UTS ada satu badan setingkat wakil rektor yang menangani pembinaan ini.

Untuk menjadi manusia yang tumbuh utuh, maka ketiga aspek ini harus tumbuh dengan seimbang. Tidak boleh yang satu lebih dominan dibandingkan dengan yang lain. Karena apabila itu terjadi, maka akan terjadi kepincangan. Manusia yang hanya fokus pada jasmani maka dia seakan menjadi binatang, manusia yang hanya fokus pada rohani maka dia seperti malaikat dan cenderung tidak peduli dengan diri dan keluarganya dan manusia yang hanya fokus pada akal, maka dia akan pintar namun keblinger karena ada banyak hal yang sebenarnya tidak terjangkau oleh akal manusia.

Mari kita menjadi pribadi yang sehat jasmani, mantap rohani dan cerdas!

#utsmembumidanmendunia