NEWS

Hilirisasi Cold Storage NgebUTS

Rector Notes No. 394

.

Alhamdulillah, startup besutan kampus Olat Maras @universitasteknologisumbawa terpilih dalam 5 perusahaan rintisan pemula Startup Showcase 2022 yang diadakan oleh @medcofoundation .

Penghargaan ini diterima oleh Mas @hadirudiya Direktur Operasional OMP. Ini menjadi ketiga kalinya Olat Maras Power (OMP) mendapatkan penghargaan dari kompetisi tingkat nasional untuk perusahaan rintisan pemula, setelah kompetisi Nexus Energy dan Pertamina Foundation.

Awal cerita bermula dari tantangan Gubernur NTB Dr. Zul yang bertanya sekaligus menantang. “UTS bisa buat cold storage, ngga? Masa kalah sama anak anak SMK? Hehe”. Sama ceritanya seperti lahirnya sepeda motor listrik NgebUTS, akhirnya kami mencari partner industri kecil menengah lokal yang concern dengan hal ini.

Singkat cerita, bertemulah kami dengan Pak Herman, kebetulan workshopnya tetanggaan dengan Pak Jaya, Direktur OMP. Beliau memang teknisi yang ahli dengan sistem pendingin (refrigerasi), baik untuk AC maupun kulkas. Produk dan desainnya lalu kami custom sesuai dengan kebutuhan OMP.

Yang unik, kami memanfaatkan cold storage bekas pakai yang didaur ulang. Kemudian dilakukan refurbishment. Dewasa ini sampah elektronik menjadi suatu permasalahan besar, dan kulkas bekas (rusak) adalah salah satu diantaranya.

Mini cold storage ini kemudian dipadukan dengan sistem pembangkit listrik tenaga surya mini yang dilengkapi dengan baterai. Kita bisa mendesain sistemnya secara on-grid maupun secara off-grid. Dengan menggunakan sistem ini para nelayan yang menggunakannya menjadi terbantu dengan biaya listrik yang jauh lebih murah bahkan biayanya nol rupiah jika menggunakan sistem off grid (full battery).

Indonesia memiliki potensi perikanan yang luar biasa besar. Namun hasil tangkapan para nelayan khususnya tradisional cenderung cepat rusak karena ikannya tidak didinginkan. Mini cold storage ini bisa menjadi solusi bagi nelayan.

Kemenangan hattrick ini sudah cukup membuktikan (proven concept) bahwa sistem yang dirancang ini sangat visible untuk diterapkan. Tantangan selanjutnya adalah hilirisasi produk ini. Semoga ada jalannya, Bismillah.

#utsmembumidanmendunia