NEWS

Welcome Program Studi Ilmu Aktuaria

Rector Notes No. 351

Alhamdulillah, satu lagi Program Studi ke-29 yang telah disetujui oleh Kemendikbud untuk dibuka di @universitasteknologisumbawa : Prodi Ilmu Aktuaria.

Ini prodi yang tergolong baru di Indonesia. Belum banyak perguruan tinggi yang membuka prodi ini. Jika dilihat dari PDDIKTI, ada sekitar 20an PT yang menawarkan prodi ini. Itu pun baru-baru semua. Di UI, Ilmu Aktuaria dibuka pada tahun 2017. Di provinsi NTB, prodi ini menjadi prodi pertama dan satu satunya.

Ilmu Aktuaria termasuk ilmu multidisiplin, karena menggabungkan beberapa bidang ilmu keuangan, ekonomi, asuransi, matematika, statistika hingga pemrograman komputer. Karena kedekatannya dengan Ilmu Matematika, Aktuaria sering disebut sebagai Matematika Asuransi.

 

Ilmu ini biasanya digunakan untuk mengukur dan menghitung dampak finansial untuk masa yang akan datang. Dampak finansial ini kemudian digunakan untuk memperkirakan/ mengestimasi nilai wajar yang wajib dibayarkan saat ini.

Di UI, Ilmu Aktuaria menjadi prodi favorit yang tingkat keketatannya sangat tinggi. Tahun lalu, nilai ketetatannya mencapai 1,95%. Artinya, dari 100 orang pendaftar, hanya 2 orang yang diterima.

Mengapa begitu tinggi keketatannya? Salah satu alasannya adalah karena prospektif pekerjaan lulusannya yang sangat terbuka lebar. Bidang ilmu ini sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. Lulusannya dapat menjadi seorang aktuaris profesional yang bekerja di perusahaan asuransi maupun lembaga penjaminan risiko (asuransi jiwa, asuransi umum dan asuransi kesehatan), konsultan aktuaria, peneliti atau dosen, dan lain lain.

Di UTS, dosen dosen pada Prodi ini memiliki bidang keilmuan yang linear. Ada Pak Lukman, Bu Anggi, Pak Koko, Bu Nuramaliyah dan Bu Reni. Mereka adalah lulusan dari program studi Matematika, Statistika, Matematika Terapan dan Aktuaria dari kampus kampus besar, seperti ITB, IPB, UGM, UNHAS dan UNRAM.

Untuk sementara, Prodi Ilmu Aktuaria akan dikelola oleh FEB @febuts.official sebagai UPPSnya. Apresiasi untuk tim BPMA, Warek, Dekan dan dosen!

Yuk, kuliah di Prodi ini dan jadilah bagian sejarah sebagai angkatan pertamanya!

#utsmembumidanmendunia