NEWS

Festival Budaya Sumbawa

Rector Notes No. 463

Hari Sabtu dan Minggu ini, 4 prodi di Fakultas Psikologi dan Humaniora UTS yaitu Prodi Sastra Indonesia, Seni Musik, Seni Tari dan Ilmu Sejarah mengadakan acara Festival Budaya Sumbawa (FBS). Acara dibuka dengan dilakukan diskusi budaya di STP yang menghadirkan narasumber Pak Mufti, Pak Arif Rahzen, dan Pak Rivaldi Ihsan, dengan moderator Pak Hendra.

Saya diminta sebagai keynote speaker dalam acara tersebut. Saya menyampaikan bahwa begitu penting kita menjaga dan melestarikan nilai nilai warisan budaya. Tantangan yang kita hadapi begitu besar. Jangan sampai nilai nilai baik dari warisan budaya tersebut hilang terutama di kalangan generasi muda.

Bu Wiwik (Kaprodi Sastra Indonesia yang juga sebagai Ketua Pelaksana) menyampaikan bahwa FBS ini dapat menjadi wadah untuk membangkitkan semangat cinta untuk melestarikan budaya Sumbawa. Pada malam pertunjukan, banyak para siswa/i perwakilan sekolah menampilkan berbagai atraksi dalam bentuk tarian dan pembacaan puisi.

Para mahasiswa Seni Tari UTS juga dengan apik menampilkan persembahan mereka. Dibawah asuhan Kaprodinya Bu Suvina, mereka membawakan sebuah drama kisah pernikahan Sumbawa dulu. Terakhir, para mahasiswa kami yang berasal dari Kalimantan Utara turut unjuk gigi dengan menampilkan tarian khas mereka dan mengenakan pakaian tradisional dari provinsi di Pulau Borneo ini.

Malam itu, suasana di Taman Mangga ramai dengan para pengunjung. Selain melihat seni pertunjukan, para penonton juga dapat menikmati aneka kuliner dari UMKM yang turut serta memeriahkan acara. Pak Abdul Azis, Staf Ahli Bupati yang mewakili Pak Bupati menyampaikan apresiasinya terhadap FBS dan berharap acara ini dapat terus dilakukan secara periodik.

Kampus kita memang kampus yang dekat dengan bidang teknologi. Namun teknologi tanpa sentuhan seni, sosial dan humaniora juga akan pincang. Kehadiran berbagai prodi seni dan soshum ini memperkuat kampus ini untuk terus memberikan akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat banyak.

Terima kasih tim FBS FPH UTS! Proud of you, all!

#utsmembumidanmendunia