NEWS

Bagaimana Korea menjadi Negara Maju melalui Sains dan Teknologi

Rector Notes No. 457

Hari ini saya menghadiri konferensi IASP (International Association of Science Parks and Areas of Innovation yang diselenggarakan di Daedok Innopolis, Daejeon – Korea Selatan. Acara yang diadakan oleh Asosiasi Sains Park dunia ini bertepatan dengan Ulang Tahun Daedok Innopolis ke-50.

Dalam presentasi pembicara kunci, Dr. Hong-Yul Paik, mantan Presiden Agency for Defense Development (ADD) menjelaskan sejarah bagaimana SnT menjadi tulang punggung kemajuan ekonomi Korea Selatan. Negara yang pada tahun 50-60-an merupakan negara miskin, sekarang berubah menjadi salah satu dari 12 negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Dr. Paik mengungkapkan sejarah perkembangan Korea dimulai saat Presiden pertama, Chung Hee Park yang memiliki visi yang kuat dalam membangun negara melalui pemanfaatan SnT. Dalam sebuah kaligrafi yang diberikan kepada Menteri SnT, Presiden Park menulis :”Bangunlah Korea dengan Kebebasan Sains dan Teknologi”. Sejak saat itu, berbagai riset institut dan universitas dibangun, yang dimulai dari KIST, ADD, KAIST dll.

Kini Daedok Innopolis adalah rumah bagi 26 riset institut milik pemerintah, 7 universitas berbasis riset, 2300-an perusahaan. Di daerah ini, total manpower yang bekerja 86 ribu orang dimana 17 ribu diantaranya bergelar doktor bidang SnT. Total revenue yang telah dibangkitkan sebesar USD 17 milyar (Rp 270 T).

Pelajaran yang dapat kita petik diantaranya adalah bahwa peranan pemimpin yang visioner untuk fokus mengembangkan sains dan teknologi menjadi sangat penting bagi pembangunan bangsa. Dengan tantangan kedepan yang sangat berat dan beragam, mulai dari revolusi industri 5.0, permasalahan kerusakan lingkungan, krisis energi, permasalahan bidang kesehatan, maka tidak ada jalan lain untuk mencapainya jika kita tidak menguasai SnT.

Kampus sebagai tempat mempelajari, menguasai dan menciptakan SnT berperan strategis dalam menghasilkan SDM yang mumpuni dibidangnya. Fasilitas riset perlu terus ditingkatkan dan yang lebih penting adalah semangat untuk terus berinovasi dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi di tengah masyarakat.

#utsmembumidanmendunia