NEWS

Kerja sama UTS dengan Medco Power

Rector Notes No. 454

Kemarin kami kedatangan tamu istimewa dari Jakarta, Pak Radityo dan Pak Nurdin dari Medco Power. Selain ingin bersilaturahmi, kedatangan beliau untuk melihat fasilitas yang dimiliki UTS karena saat ini ada dua orang pegawainya yang dikuliahkan di Teknik Elektro UTS.

Ini adalah kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya melalui kegiatan agrovoltaic. Kami berbincang mengenai pentingnya kerja sama antara perguruan tinggi dengan industri. Hubungannya sangat erat dan saling membutuhkan. Industri memerlukan SDM yang mumpuni untuk melakukan proses bisnis. Sementara perguruan tinggi memerlukan masukan industri agar lulusan yang dihasilkan relevan dengan kebutuhan mereka.

Permasalahannya, terkadang Perguruan Tinggi lambat dalam merespon perubahan cepat yang terjadi di industri. Penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika sering tak sejalan dengan kebutuhan industri. Permasalahan ini yang coba dipecahkan oleh Pemerintah melalui Kemdikbud Ristek melalui program MBKM.

UTS melihat ini sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan kapasitas lulusan. Seluruh mahasiswa UTS sebelum lulus pasti mengikuti program MBKM di luar perkuliahan di Prodi. Magang di Industri (UTS Internship) merupakan opsi yang paling favorit dipilih oleh mahasiswa.

Ditemani oleh Dekan FRS Pak Mietra dan Kaprodi Teknik Elektro Pak Indra, kami berbincang mengenai kolaborasi ini bersama Pak Nurdin dan Pak Radityo. Tentu ini merupakan penghargaan untuk UTS bisa terlibat dalam kolaborasi dengan perusahaan nasional sekelas Medco. Pengalaman praktisi di lapangan tentu akan sangat berharga jika dibagikan kepada sivitas akademika UTS melalui program Praktisi Mengajar.

Pada tahun 2016, pendiri Medco group almarhum Arifin Panigoro (allahu yarhamhu) pernah datang ke kampus Olat Maras. Beliau menuliskan doanya : “Saya yakin Universitas Teknologi Sumbawa akan Sukses”. Terima kasih atas doanya Bapak. Semoga Allah SWT menempatkan almarhum di tempat yang mulia di sisi NYA. Allahumagfirlahuu warhamhuu wa’aafihi wa’fu anhuu.

#utsmembumidanmendunia