NEWS

Program MBKM Batch ke-7

Rector Notes No. 446

Lapor mas Menteri @nadiemmakarim dan Pak Dirjen @gusnizam , alhamdulilah hari ini kami melakukan pelepasan program MBKM Flagship/Mandiri Batch ke-7 untuk program MERDEKA (Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat), UTS Mengajar, UTS Preneurship, UTS Internship dan EUREKA (UTS Research).

Semester ini, lebih dari 500 mahasiswa akan belajar di luar kampus, diantaranya di desa desa, di perusahaan, dan di sekolah sekolah. Selain itu ada juga yang ikut penelitian dosen dan berwirausaha. Para mahasiswa begitu bersemangat dan antusias mengikuti program ini.

Program MBKM ini terasa manfaatnya bagi seluruh stakeholders. Bagi para mahasiswa, mereka mendapatkan pengalaman luar biasa di luar kampus. Selain itu, dari hasil tracer study terakhir, kegiatan MBKM ini telah mampu menurunkan waktu tunggu kerja bagi para lulusan kami, kurang dari 4 bulan. Desa desa dimana para mahasiswa kami melakukan program MERDEKA juga berterima kasih karena banyak program dan problem di desa yang terbantu terselesaikan.

Bersama sama pemerintah desa, para mahasiswa kami melakukan beberapa program diantaranya One Village One Product (OVOP), desa rapi administrasi, desa budaya, desa wisata dan desa digital. Lebih dari 250 produk dari potensi desa telah dihasilkan. Spot spot wisata di desa juga telah dihidupkan. Dan manfaat nyata lainnya bagi perusahaan dan institusi riset.

Mas Menteri dan Pak Dirjen, terima kasih telah mendesain program yang sangat visioner dan bermanfaat ini. Dari awal program ini diluncurkan pada Januari 2020, UTS langsung menyambut baik dan menerapkannya. Terima kasih pula atas bantuan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang telah diberikan kepada kami. Kami gunakan sebesar-besarnya untuk pengembangan kurikulum, dan insentif untuk para mahasiswa kami yang melaksanakan program MBKM.

Selamat belajar dan mengabdi para Elang Muda! Anda semua adalah duta kampus, mohon agar menjaga nama baik almamater. Selami pelajaran dan kebijaksanaan dari masyarakat dimanapun kita berada. Berikan yang terbaik yang bisa kita lakukan. In syaa Allah, anda semua akan menjadi pemimpin masa depan yang mumpuni.

#utsmembumidanmendunia