NEWS

Kebahagiaan Menanam Pohon Mangrove

Rector Notes No. 444

Kemarin jadi hari bersejarah buat sivitas akademika @universitasteknologisumbawa . Sebanyak 400-an orang melaksanakan penanaman mangrove di Panyengar, Utan, Sumbawa. Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan PT. SMM, social enterprise yang bergerak dalam pengembangan aquaculture budi daya udang, Pemerintah Desa Stowe Brang/Kecamatan Utan, Dinas LHK Sumbawa, Kepolisian dan para undangan.

Ditengah isu perubahan iklim, mengikisnya pesisir karena abrasi, dan banyaknya sedimen tanah yang mengalir ke laut karena perubahan lahan hutan menjadi lahan pertanian monokultur, membuat penanaman pohon mangrove menjadi sebuah solusi. Tentu kita bukan pihak yang pertama kali melakukan aksi ini. Banyak pihak lain yang telah lebih melakukan aksi positif dalam memitigasi perubahan iklim ini.

Namun demikian, yang menjadi sebuah catatan untuk dijadikan perbaikan dan perhatian adalah pasca penanamannya. Ada begitu banyak penanaman yang telah dilakukan. Namun dalam waktu satu bulan setelah penanaman, biasanya pohon mangrove sudah tidak ada. Apakah mati, atau tergerus oleh air. Ini karena tidak dilakukan monitoring dan evaluasi oleh pihak terkait.

Bibit pohon yang ditanam layaknya seperti seorang bayi. Perlu dirawat dulu hingga ia kuat. Akarnya harus bisa mencengkram tanah pesisir supaya ia kuat dari hempasan arus/ombak laut yang deras. Poin ini yang menjadi catatan. In syaa Allah kami akan menugaskan tim untuk melihat perkembangan tanaman ini hari per harinya supaya ia bisa tumbuh subur dan baik. Jika ada yang mati, maka perlu dilakukan penyulaman.

Bibit mangrove yang telah ditanam kemarin berjumlah 4000. Bibit ini dikembangkan oleh @rumahmangrove.ntb , sebuah inisiatif dari UTS untuk mengembangkan pembibitan mangrove yang bekerjasama dengan masyarakat desa di kecamatan Utan atas dukungan PT SMM.

Para mahasiswa, dosen dan undangan terlihat antusias, bahagia dan ceria saat penanaman. Mereka berasal dari berbagai prodi. Namun yang banyak adalah dari fakultas @ftlmuts.official @fith_uts dan @febuts.official
Terima kasih para Elang Muda atas kontribusinya untuk lingkungan kita semua

#utsmembumidanmendunia