NEWS

NgebUTS debut di Shell Eco-marathon

Rector Notes No. 436

Setelah melalui serangkaian proses pada Technical Inspection yang dilakukan oleh tim Juri Shell Eco-marathon, alhamdulilah akhirnya tim NgebUTS dinyatakan lolos inspeksi teknis. Ini berarti tim bisa mengikuti race yang akan dilakukan besok hari Minggu. Keberhasilan ini penuh dengan perjuangan yang gigih dari anggota team. Saya turut menyaksikannya. Maklum, ini adalah pengalaman pertama. Meski kita sudah mengikuti buku panduan namun tentu persepsinya bisa berbeda.

Total ada 12 kategori technical inspection, dimana masing masing kategori ada belasan item yang harus dilakukan test. Semuanya harus lulus untuk dapat mengikuti racing. Tahap pertama tim NgebUTS lolos 5 item dari 12. Tahap inspeksi kedua 8/12, ketiga 10/12 hingga akhirnya bisa lulus juga 12/12 di injury time.

Tim NgebUTS beranggotakan 10 orang mahasiswa dan dosen : Thohar Hasibuan (Teknik Elektro), Tri Haryanti (Ilmu Komunikasi), I Kadek Widiasa (Teknik Mesin), Arjuna Satriawansyah (Teknik Elektro), Yogi Febriansyah (Teknik Elektro), Fitra Ridandy (Teknik Mesin), Ariyo Banjardana (Teknik Elektro) dan Wawan Eka (Teknik Mesin). Mereka didampingi oleh Dosen Pendamping Ahmad Jaya dan Hadi Rudiya.

Dalam Paddock, tim NgebUTS bersebelahan dengan tim dari Qatar dan Brunei Darussalam. Saya menyaksikan mereka saling tolong menolong antar kampus. Mereka saling meminjamkan (sharing) peralatan maupun bahan, dan saling menyemangati, meski mereka saling berkompetisi.

Debut perdana ini tentu memberi pengalaman yang berharga bagi tim NgebUTS. Mereka belajar dari kampus kampus yang lebih dahulu mengikuti ajang bergengsi ini. Kita beruntung bisa mengikutinya karena lokasi kita berdekatan dengan Sirkuit Mandalika. Bisa dibayangkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika ajang itu dilaksanakan di luar negeri. Paling tidak itu dirasakan oleh tim dari kampus luar, seperti Qatar, Korea Selatan, Tiongkok dll.

Selamat bertanding besok hari tim NgebUTS @ngebuts_uts . Semoga bisa memberikan yang terbaik, apapun hasilnya. Lulus inspeksi teknis saja sudah merupakan pencapaian besar bagi kita kampus Elang Muda Olat Maras.

#utsmembumidanmendunia