NEWS

Jajaki Kerja Sama Internasional, Rektor UTS: Kita Kembangkan Energi Terbarukan Sumbawa-NTB

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (23 Juni 2023) – Mencari dan memanfaatkan peluang adalah satu dari strategi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) untuk terus bertumbuh. Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D melakukan kunjungan kerja dalam rangka diskusi penjajakan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri-RI di Pullman Hotel-Mandalika, Lombok. Diterima langsung oleh Darianto Harsono Direktur Amerika 2, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI, diskusi yang berlangsung 21 Juni lalu, berjalan lancar dan hangat.

“Kami mendapatkan kehormatan untuk berdiskusi dengan Bapak Direktur Amerika 2 dan tim, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, dan Kementerian Luar Negeri,” kata Rektor UTS yang didampingi Direktur Kerjasama Luar Negeri Ery Sofiatry, Kaprodi Teknik Elektro Indra dan Kaprodi Teknik Sistem Energi, Halid.

Ia menambahkan bahwa, berdiskusi dengan Tim Kemenlu terkait penjajakan kerjasama dengan perguruan tinggi di Amerika Latin dan Karibia ini untuk pengembangan energi terbarukan di Sumbawa-NTB. UTS memiliki pengalaman yang cukup holistik dalam mengembangkan energy terbarukan. Uruguay misalnya, saat ini untuk pasokan listriknya lebih dari 98% berasal dari energi terbarukan.


Beasiswa U-GAS UTS saat awal diluncurkan telah memdatangkan puluhan mahasiswa asing dari seluruh dunia. Hingga saat ini ada belasan mahasiswa asing penerima U-GAS yang masih melanjutkan studinya di UTS, selain yang telah lulus.

Rektor UTS berharap semester mendatang dengan dibantu oleh Kemenlu, akan ada beberapa mahasiswa asing di UTS yang berasal dari Amerika Latin dan Karibia, seperti Suriname untuk kuliah di Kampus Elang Muda Olat Maras dengan dukungan beasiswa.

“Indonesia dan Suriname secara historis memiliki hubungan yang sangat erat, dimana tali persaudaraan dan kekeluargaan kedua negara telah terbentuk. Beberapa pejabat penting di Suriname, seperti menterinya ada yang berasal dari keturunan keluarga di Pulau Jawa. Kedepan para mahasiswa ini akan menjadi agen penghubung keharmonisan dua negara, yang merupakan bagian dari soft diplomacy. Special thanks and appreciation untuk Bapak Dirjen Amerop, Pak Dubes Umar Hadi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami, UTS,” pungkasnya. (SR)