NEWS

Harapan untuk Prodi Teknik Lingkungan

Rector Notes No. 422

.

Minggu lalu Prodi Teknik Lingkungan UTS memperingati Dies Natalis-nya yang ke-2. Acara peringatan yang dibarengkan dengan buka puasa bersama ini dihadiri oleh para dosen, mahasiswa dan keluarga besar Fakultas Teknik Lingkungan dan Mineral @ftlmuts.official .

Awal kelahiran prodi ini didasari oleh begitu besarnya potensi sumber daya alam Provinsi NTB. Namun disisi lain pemanfaatannya terkadang kurang memperhatikan aspek lingkungan yang akhirnya dapat mengancam kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Aspek ekonomi sering menutup mata para pelaku pemanfaat SDA tanpa melakukan langkah langkah yang dapat menyelamatkan lingkungan.

Dalam beberapa waktu lalu terjadi bencana banjir di beberapa titik di Sumbawa dan Bima. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya lahan penyangga air yang berubah fungsi menjadi lahan pertanian. Hutan hutan yang tadinya dipenuhi dengan pohon pohon ditebangi untuk ditanam komoditas pertanian seperti jagung.

Kita memang disediakan Allah SWT hamparan bumi dan seisinya untuk dapat dimanfaatkan dengan arif dan bijaksana. Jangan hanya karena motif ekonomi semata, lingkungan menjadi dikorbankan, yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat banyak seperti banjir, kekeringan, perubahan iklim, tanah longsor dan ancaman bencana lainnya.

Inilah yang perlu dipikirkan oleh para dosen dan mahasiswa Teknik Lingkungan. Insan insan cendekia ini diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan kita dengan berbagai inovasi dan teknologi yang dipelajari.

Pembibitan dan penanaman pohon, pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran air, tanah dan udara adalah hal hal yang perlu dipelajari dan dikembangkan. Perlu juga dipikirkan alternatif komoditas pertanian yang tidak bersifat monokultur.

Melihat semangat dari para mahasiswa Teknik Lingkungan yang didukung oleh para dosen yang berkompeten di bidangnya dan dengan idealisme yang tinggi, saya yakin mereka akan mewarnai pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Selamat Dies Natalis yang ke-2, sukses selalu Tekling @tekniklingkungan.uts !

#utsmembumidanmendunia
#universitasteknologisumbawa