NEWS

Pohon Kehidupan

Rector Notes No. 386

.

Saat saya mengantar tamu selepas menandatangani kerjasama tentang pemberdayaan masyarakat di sekitar usaha tambak udang, saya bertemu dengan sekumpulan mahasiswa yang sedang duduk duduk di bawah pohon beringin merah yang rindang.

Oh ternyata mereka adalah mahasiswa baru dari Prodi Teknik Lingkungan. Pantas mereka memakai baju berwarna hijau, melambangkan program studinya. Saya mengajak mereka berdiskusi. Saya minta mereka membuka hape dan men-goggle “rainbow tree”. Mereka berdecak kagum, “wah indah sekali pohonnya”. Sembari menunjuk pada pohon yang sedang dipagari, saya berkata, “itulah pohonnya”.

Bibitnya dari Dr. Zul. Beliau memang cinta menanam pohon. Lokasi kampus yang tadinya gersang, kemudian ditanami pohon. Sembilan tahun berlalu dan kini pohon pohon itu sudah sangat rindang. Berbagai macam pohon yang ditanam. Ada pohon buah buahan seperti kelengkeng, sawo, mangga, durian, dll hingga pohon non-buah seperti ketapang kencana, trembesi, dll.

Dr. Zul pernah berpesan. Belajarlah dari pohon. Setiap hari pohon senantiasa berubah dan memberikan banyak manfaat. Tumbuh daun baru, ranting baru, bunga baru, buah baru. Ia selalu menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup. Ia menjadi rumah yang nyaman bagi burung, serangga, kera dll.

Lalu saya mengajak mereka menuju sebuah pohon palm yang sedang berbuah. “Lihat biji biji yang berserakan dibawah ini. Ini hasil kera yang memakannya. Coba sekarang kalau kalian semai dalam polybag. In syaa Allah dalam sebulan akan tumbuh dan bisa kalian tanam dimana pun”. Begitu ucap saya.

Mereka terlihat antusias setelah saya berikan bantuan untuk membeli polybag. Mereka berjanji akan mengabari saya sebulan lagi progressnya. Mumpung masih dalam musim penghujan, ayo sebanyak banyaknya kita menanam pohon dan bunga. Sebuah Hadits oleh Bukhari, Muslim, dan At-Tirmidz meriwayatkan: “Tiada seorang muslim yang menanam pohon atau menebar bibit tanaman, lalu (hasilnya) dimakan oleh burung atau manusia, melainkan ia akan bernilai sedekah bagi penanamnya”.

#utsmembumidanmendunia #eucalyptustree