NEWS

Research, Innovation and Impacts

Rector Notes No. 383

.

Salah satu oleh-oleh dari sekian banyak insight dari program IVLP adalah kami belajar bagaimana pengelolaan riset dan inovasi di kampus.

Di University of Arizona, ada satu kantor khusus yang menangani soal riset dan inovasi ini. Namanya RII (Research, Innovation and Impacts). Yang menarik kantor ini bukan hanya menekankan pada riset dan inovasi saja. Tetapi mereka harus dapat memastikan bahwa riset dan inovasi yang dihasilkan memiliki dampak (impact). Dalam bahasa kita, riset dan inovasi itu harus membumi. Memberikan dampak/manfaat yang nyata bagi masyarakat, industri, pemerintahan dan pemangku kepentingan lainnya.

Peranan RII ini menjadi sentral bagi kampus. Karena dia menjadi penghubung para peneliti/dosen untuk dapat berjejaring dengan pihak manapun. Mereka paham setiap keahlian para dosennya. Mereka juga selalu awas terhadap kemungkinan pendanaan pendanaan yang sedang dibuka oleh pemerintah atau industri.

Lain lagi dengan University of Pittsburgh. Saking pentingnya riset dan inovasi ini bahkan disana ada 5 wakil rektor yang membidangi hal ini. Kami sempat bertemu dengan tiga diantaranya. Wajar banyak warek-nya karena ada lebih dari 6000 kontrak hibah yang dikelola dalam satu tahun. Bisa dibayangkan berapa milyar dollar dana untuk riset dan inovasinya.

UTS sendiri punya wakil rektor khusus yang membidangi riset dan inovasi ini. Beberapa waktu lalu, tim Warek 3 mengawal lahirnya lebih dari 10 produk riset dan inovasi unggulan yang dihasilkan oleh fakultas. Selain itu mereka juga mengurusi program membumi lainnya seperti program MERDEKA, Eureka, publikasi ilmiah, pengelolaan HKI, dll. Jadi konsep pengelolaan riset dan inovasi di UTS sudah hampir sama dengan universitas universitas di US. Namun tentu tidak bisa dibandingkan kapasitas anggaran, SDM dan insfratrukturnya.

Menghasilkan sebuah inovasi baru sebenarnya bukan perkara mudah. Akan menguras waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Iterasi penyempurnaan demi penyempurnaan itulah yang dilakukan dalam penelitian. Semangat selalu para dosen dan mahasiswa kami dalam melakukan penelitian dan menghasilkan inovasi baru yang membumi!

#utsmembumidanmendunia