NEWS

International Visitor Leadership Program (IVLP)

Rector Notes No. 379

.

Alhamdulillah tidak terasa hari ini sudah memasuki hari ke-15 di Amerika Serikat. Pertama kali mendarat untuk transit di Bandara Dallas, lalu menuju Washington DC. Disana kami di-arrange pertemuan dengan berbagai institusi, baik Perguruan Tinggi, pemerintahan maupun NGO.

Setelah 6 hari disana, kami melanjutkan perjalanan menuju Pittsburgh, Pennsylvania melalui jalur darat. Disana kami bertemu dengan kolega di University of Pittsburgh dan Duquesne University. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Tucson, Arizona. Kami bertemu dengan tim International Office di University of Arizona dan pimpinan dari Pima Community College.

Cerita mendapatkan kesempatan IVLP ini bermula suatu waktu di tahun 2021, saya dihubungi oleh Pak Jalu Cahyanto. Beliau adalah pegawai USAID yang pada tahun 2017 lalu kami cukup intense bertemu. Saat itu, bersama Prof. Heri dan Dr. Gamal, UI bersama konsorsium mendapatkan hibah dari USAID dalam bentuk CCR SMART CITY.

IVLP ini memang bukan program yang dibuka untuk umum (tanpa aplikasi) tetapi dinominasikan oleh lingkungan kedutaan US maupun organisasi pemerintah AS. Semua biaya perjalanan, uang saku, hotel ditanggung oleh US Department of State.

Dari perjalanan ini, ada banyak pelajaran dan pengetahuan yang bisa didapatkan untuk kemudian diimplementasikan di kampus @universitasteknologisumbawa . Kemitraan dapat dengan mudah dilakukan manakala kita pernah bertemu, sharing pengalaman, sehingga personal relationship dapat terbentuk. Kontak person-to-person seperti ini masih tetap perlu meski di era digital seperti sekarang ini. Tentu ini adalah bagian dari upaya merealisasikan slogan kampus kita, UTS Membumi dan Mendunia.

Terima kasih IVLP. Terima kasih Pak Jalu. Programnya sangat bermanfaat!

#utsmembumidanmendunia