NEWS

Komandan RESPEK 2022 yang Jago Kitab Kuning

Rector Notes No. 370

.

Sepulang dari acara Family Gathering di Labuan Pade, Utan kami sampai rumah saat adzan Isya berkumandang. Lantunan syahdu panggilan shalat dari masjid kampus tersebut dikumandangkan oleh Thohar Ahmad Hasibuan.

Thohar berasal dari Parapat Sosa, Padang Lawas, Sumatera Utara. Selepas SD ia melanjutkan pendidikan sekolah dan agama di Pondok Pesantren di daerahnya, sampai dengan tingkat SMA. Disana Thohar mendalami Kitab Kuning Fathul Mu’in. Ia pernah mewakili Pondoknya untuk lomba membaca Kitab Kuning tingkat Kabupaten dan mendapatkan Juara Pertama.

Anak seorang petani sawit ini bercita cita menjadi seorang dosen. Minat penelitiannya di bidang kendali dan mekatronika. Ia tahu kuliah di UTS dari informasi bibinya yang juga mahasiswa UTS semester 7. Saat ini Thohar diamanahi sebagai Ketua Pelaksana RESPEK (Orientasi dan Pengenalan Kampus) 2022.

Saya bertanya kepadanya ingin dibawa kemana RESPEK tahun ini. Ia menjawab bahwa kegiatan kegiatan dalam RESPEK akan diarahkan untuk menjawab lima nilai utama : moral, totalitas, memaksimalkan potensi, kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air dan cinta kampus.

Thohar berharap agar kedepan para mahasiwa generasi penerus UTS dapat menelurkan banyak prestasi baik dalam tataran nasional maupun internasional. Meskipu tantangan yang dihadapi juga cukup berat, terutama adanya para mahasiswa yang belum memanfaatkan waktu dengan optimal. Misalnya, masih adanya mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah Pulang Kuliah Pulang)

Melihat semangat dan kesungguhannya dalam belajar, saya yakin ia akan mencapai cita citanya, membumikan panji panji keilmuan.

#utsmembumidanmendunia