NEWS

Fokus pada Pengembangan Mahasiswa

Rector Notes No. 365

.

Suatu hari dalam sebuah Konferensi Developer tingkat dunia, di akhir Mei, 25 tahun yang lalu, Steve Jobs pernah berkata “You have got to start with the customer experience and work back toward the technology – not the other way around”. Kurang lebih, Anda harus mulai (sebuah inovasi teknologi) dari pengalaman atau kebutuhan konsumen, baru menciptakan teknologi dan bukan sebaliknya. Sejak saat itu, Apple terus berkembang pesat.

Jumat lalu, saya berkesempatan bertemu dengan Country Manager PT Amazon Web Services Indonesia, Bpk. Mohammad Ghozie. Sebelum berkiprah di AWS, beliau adalah mantan Direktur Keuangan PT. SMI, perusahaan BUMN pembiayaan proyek proyek infrastruktur. Tentu dengan banyak pengalamannya, saya ingin berguru. Saya bertanya mengapa Amazon yang tadinya “hanya” jualan buku menjelma menjadi perusahaan raksasa khususnya di bidang komputasi awan.

Apa kunci suksesnya? Panjang lebar beliau menjelaskan, namun singkatnya : perusahaan berfokus pada kebutuhan konsumen. Konsumen yang sukses dan berhasil dalam usahanya akan berdampak pada kemajuan perusahaannya. Beliau mengatakan AWS tidak pernah menaikan tarif jasanya, bahkan berkali kali menurunkan service fee-nya seiring dengan pertumbuhan konsumen.

Dalam konteks perguruan tinggi, mahasiswa adalah konsumen yang paling utama. Para orang tua menitipkan putra putrinya untuk belajar “sesuatu” di kampus, sehingga pasca kelulusan mereka bisa berbuat sesuatu bagi dirinya, keluarganya dan masyarakat banyak.

Maka kampus yang fokus dalam mengembangkan potensi mahasiswa pasti akan berhasil. Kurikulum harus didesain supaya dapat menjawab tantangan di masa yang akan datang. Oleh karena itu dalam merancang kurikulum, kami mendatangkan para industrial/business experts, enterpreneur, wakil pemerintah, organisasi kemasyarakatan dll. Tak lupa juga melibatkan mahasiswa untuk memberikan masukan terhadap kurikulum yang akan diterapkan.

In syaa Allah dalam waktu dekat akan kita jalin kerjasama dengan AWS. Di lantai 23 Revenue Tower sore itu, saya menikmati diskusi yang bernas dan mengambil banyak insights. Terima kasih teman teman AWS!

#utsmembumidanmendunia