NEWS

UTS – IISBUD – AKOM United!

Rector Notes No. 305

UTS, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (IISBUD) Samawa Rea dan Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM) adalah tiga perguruan tinggi dibawah dalam naungan Yayasan Dea Mas. UTS mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan pada tahun 2013, IISBUD tahun 2014 dan AKOM tahun 2016.

Sejalan dengan upaya pemerintah untuk merampingkan jumlah perguruan tinggi, khususnya PTS di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi, dilakukan program penyatuan dan atau penggabungan PTS. Program ini dilakukan untuk merasionalisasi jumlah perguruan tinggi yang mencapai lebih dari 3000an PT dibawah Kemendikbud ristek.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut dan untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, Yayasan Dea Mas dan para pihak terkait memutuskan untuk menyatukan ketiga perguruan tinggi tersebut menjadi Universitas Teknologi Sumbawa.

Dengan bergabungnya IISBUD dan AKOM ke UTS, maka UTS akan memiliki total 28 prodi (7 prodi dari IISBUD dan 1 prodi dari AKOM), dengan jumlah total mahasiswa saat ini sekitar 5000an orang.

Hari ini kami bersilaturahmi untuk menyamakan persepsi. Karena proses penyatuan ini memerlukan waktu yang cukup panjang, mengingat ketiga kampus tersebut memiliki tata kelola yang berbeda-beda. Perlu adanya pemahaman yang baik terkait dengan tata kelola bidang akademik, keuangan, SDM, kemahasiswaan dlsb.

Kami menyambut baik kehadiran para dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik dari IISBUD dan AKOM. Kami yakin dengan bergabungnya saudara kandung dibawah Yayasan Dea Mas ini akan membuat kampus ini menjadi lebih kuat kedepannya dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat.

#utsmembumidanmendunia