NEWS

Kerja sama UTS dengan UiTM

Rector Notes No. 456

Kemarin saya menghadiri undangan acara META STELLAR 2023 yang diadakan oleh Deputy of Vice-Chancellor (Akademik dan Antarbangsa) Universiti Teknologi MARA (UiTM) di Pulau Langkawi, Malaysia. Acara ini menghimpun seluruh pejabat terkait dengan bidang akademik dengan tema: Globally Marketable Academics.

Acara ini menjadi ajang para pejabat terkait untuk merumuskan strategi dan inovasi bidang akademik demi kemajuan organisasi. Saya diminta sharing mengenai bagaimana memimpin kampus dan juga strategi menghadapi tantangan global seperti VUCA (volatility, uncertainty, complexity and ambiguity).

UiTM adalah universitas negeri terbesar di Malaysia dengan mahasiswa ~ 180.000 orang dan tersebar di 34 cabang kampus. Kampus ini saat ini sedang menunggu penetapan rektornya (vice chancellor) yang akan ditentukan oleh Menteri Pendidikan Tinggi.

META STELLAR menghadirkan keynote speaker emeritus Prof. Tan Sri Anuwar Ali, mantan rektor Universitas Terbuka Malaysia dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Juga Dr. Ir. Datuk Abdul Rahim, mantan vice-cancellor UTP dan UM. Saya menyimak dengan seksama bagaimana pengalaman beliau berdua dalam mengelola kampus supaya maju dengan memberdayakan potensi SDM yang ada.

Kunjungan ke UiTM ini membawa banyak insight bagi pengembangan kampus kedepan. Salah satunya adalah kerja sama bidang akademik misalnya dengan mengirimkan mahasiswa S2/S3 yang berasal dari alumni dan dosen UTS. Melalui program beasiswa 1000 cendekia, saat ini di UiTM ada 46 mahasiswa NTB yang sedang belajar disana. Dari jumlah tersebut, 3 orangnya adalah alumni UTS.

Terima kasih UiTM!

#utsmembumidanmendunia