Rector Notes

Ayo Buat Karya

Rector Notes No. 302

Jepang dan Korea Selatan adalah contoh dua negara maju. Kedua negara ini miskin akan sumber energi. Untuk memenuhi kebutuhan energinya, mereka harus mengimport dari negara negara lain.

Industrialisasinya maju pesat. Bagaimana negara yang miskin sumberdaya energi bisa mengembangkan industrinya? Kuncinya ada di sumber daya manusia (SDM) nya.

Potensi pertanian, peternakan, perikanan, kebudayaan, pariwisata dll kita luar biasa. Sampai ada pribahasa, tongkat kayu dilempar saja sudah menjadi tanaman. Karena saking suburnya. Apa yang bisa kita perbuat untuk memberdayakan potensi-potensi tersebut?

Ayo para dosen dan mahasiswa. Jangan hanya diam dan jadi penonton. Buat karya. Buat sesuatu. Buat kolaborasi. Bantu masyarakat kita yang sedang kesulitan.

Buat para dosen, kita ditakdirkan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Melalui tangan dan pikiran kita, ayo kita semangati anak anak muda dari seluruh pelosok negeri untuk bangkit.

Tanamkan rasa malu, jika ilmu yang kita pelajari tidak bisa diaplikasikan, terutama untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan. Buat apa gelar master atau doktor jika tidak bisa kontribusi untuk negeri.

Kalian para Elang Muda. Manfaatkan waktumu dengan sebaik baiknya. Pahat prasasti dan legacymu di kampus ini. Itu akan membantu kalian selepas kelulusan dan berkarya di tengah tengah masyarakat.


Ayo buat karya!

#utsmembumidanmendunia