NEWS

Kerja Masa Depan adalah Kerja Multi Disiplin

Rector Notes No. 255

Setiap pagi, sebelum masuk ruang kerja, saya biasanya berjalan keliling kampus. Mengecek project project pembangunan yang sedang dilakukan. Ada pembangunan integrated lab, renovasi lab teknik, lab bioteknologi, dan lab lainnya yang sudah selesai pembangunannya.

Pembangunan Integrated Lab baru memasuki bulan pertama. Persiapan rangka baja sudah selesai, tinggal merakit saja dan pondasi sudah hampir rampung. Mudah mudahan dua bulan kedepan sudah selesai dan semester mendatang sudah siap digunakan.

Konsep integrated laboratory ini terinspirasi dari sebuah kampus di Australia. Ada sebuah lab atau workshop dimana tempatnya digunakan secara bersama sama. Ketika mahasiswa elektro sedang praktikum, mahasiswa teknik mesin bisa melihatnya. Pun demikian untuk prodi teknik lainnya. Ini tentu memungkinkan kolaborasi antar disiplin ilmu.

Ketika ilmu dari berbagai bidang tersebut bersatu, berkolaborasi maka mereka dapat membuat inovasi yang dapat memecahkan permasalahan bersama. Di masa yang akan datang, suatu permasalahan tidak mungkin dapat diselesaikan oleh satu bidang disiplin ilmu saja. Namun diperlukan kontribusi keilmuan lainnya. Nah, di integrated lab inilah tempat pertemuannya.

#utsmembumidanmendunia