News

Sepeda Motor Listrik NgebUTS untuk NTB Gemilang

 

Sepeda Motor Listrik NgebUTS pertama kali digagas oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa Chairul Hudaya sebagai jawaban dari tantangan yang diberikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat yaitu Dr. Zulkieflimansyah.

Proyek sepeda motor listrik ini melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, selain itu juga melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) lokal yang ada di Sumbawa. IKM yang dilibatkan adalah Alfan Motor milik Wawan, seorang pemuda asli sumbawa dengan pendidikan terakhir SMEA. Dengan segala usaha dan upaya yang dilakukan oleh tim NgebUTS, kehadiran Sepeda Motor Listrik ini dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan kemajuan industrialisasi yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Chairul Hudaya adalah Rektor Universitas Teknologi Sumbawa yang baru saja dilantik. Dalam pelantikannya, Gubernur NTB memberikan tantangan kepada beliau untuk dapat membuat sesuatu yang mind blowing di Sumbawa. Dengan latar belakang Pendidikan Teknik Elektro, Chairul ditanya apakah bisa membuat Sepeda Motor Listrik? Chairul menjawab bisa. Maka dari itu, di awal jabatannya sebagai rektor, Chairul Hudaya langsung membentuk tim kecil untuk mengerjakan proyek sepeda motor listrik yang dipimpin langsung oleh dirinya sendiri.

 

 

Proyek sepeda motor listrik ini dinamakan NgebUTS, terinspirasi dari Gesits karya ITS. Sepeda Motor Listrik NgebUTS direncanakan dapat menghemat biaya transportasi hingga sepertiga dari biaya transportasi kendaraan konvensional. Selain menghemat biaya transportasi, Sepeda Motor Listrik NgebUTS juga tidak menghasilkan polusi udara, sehingga ramah lingkungan.

Tim NgebUTS merangkul IKM yang ada di Sumbawa untuk merealisasikan proyek sepeda motor listrik ini. Alfan Motor menjadi salah satu IKM yang bersedia mengerjakan proyek ini. Wawan, pemilik dari bengkel Alfan Motor yang hanya berpendidikan SMEA, mampu mempelajari komponen sepeda motor listrik secara otodidak, sehingga sepeda motor listrik NgebUTS berhasil diproduksi.

Dengan bergabungnya Alfan Motor dalam tim NgebUTS membuat Alfan Motor dapat berkembang sehingga membantu Alfan Motor dalam segi perekonomian.

Dengan segala usaha dan upaya tim NgebUTS, akhirnya saat ini sepeda motor listrik NgebUTS sudah memproduksi kurang lebih 17 unit sepeda motor listrik dan sedang dalam proses.

*Video ini merupakan finalis lomba video industrialisasi NTB

Link video:https://youtu.be/s9mft458kps

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia

Sumber berita:disperin.ntbprov.go.id