Rector Notes

Branding Position UTS

Rector Notes No. 194

Beberapa waktu lalu saat Workshop Strategic Management, kami ditanya perihal branding position UTS. Ingin seperti apa UTS kedepan, apakah ingin seperti UI, ITB, UGM, Universitas Brawijaya dsb?

Saya menjawabnya tidak ada dalam pilihan pertanyaan trainer. Saya jawab UTS ingin seperti MIT (Massachusetts Institute of Technology). Tinggi bener bro mimpinya ingin seperti MIT? Iya dong, mimpi itu memang harus tinggi. Asal paham saja cara untuk merealisasikannya.

Kenapa MIT? Karena MIT adalah perguruan tinggi swasta (private university), sama seperti UTS. Selain MIT, private university lainnya di Amerika ada Harvard, Yale, dan Standford University. Mereka adalah top universities di negeri Paman Sam, bahkan dunia yang merupakan kampus swasta.

Karakteristik output PTS tersebut hampir sama yaitu menghasilkan lulusan yang melahirkan banyak statup company baru dan menghasilkan riset dasar dan terapan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Pun demikian saat ini misi yang dibawa UTS. Benar benar sama.

Namun, ada yang membedakan antara MIT, Harvard, Yale dan Stanford Univ dengan UTS. Disana pasti tidak ada yang namanya bakela, sakeco dan karapan kerbau. Bakela, makan basamo dengan duduk lesehan menjadi tradisi di kampus ini, untuk mendekatkan hubungan kekeluargaan. Tidak ada sekat atasan dan bawahan. Kebersamaan adalah modal dasar sebuah kemajuan.

Kebudayaan dan tradisi lokal yang beragam dikembangkan di kampus ini. Boleh kepala kita mendunia, namun kaki harus tetap menginjak bumi.

#utsmembumidanmendunia
#kampusmerdekauts
#kampusmerdeka