Rector Notes

Peresmian Sentra Kekayaan Intelektual(KI) dan Kuliah Umum

Rector Notes No. 118

Alhamdulillah, sekarang @universitasteknologisumbawa telah memiliki Sentra Kekayaan Intelektual (Sentra KI), setelah kemarin kami menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang diresmikan oleh Dirjen KI, Bpk. Dr. Freddy Harris. Pada acara yang dilaksanakan di Kantor Bupati 

Sumbawa ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemkab Sumbawa dengan Kakanwil KUMHAM NTB mengenai pengelolaan KI.

Siang harinya, Pak Dirjen KI bersama rombongan mengunjungi kampus Elang Muda dan memberikan kuliah umum mengenai pentingnya melindungi dan mendaftarkan KI. Pak Dirjen memberikan banyak inspirasi dan mengajak memulai sesuatu dari hal yang sederhana. Dengan adanya Sentra KI di UTS, seluruh sivitas academica (SA) dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran KI dan difasilitasi pendaftarannya.

Selain untuk SA UTS, Sentra KIUTS juga memberikan kesempatan seluas luasnya kepada masyarakat Sumbawa dan sekitarnya yang ingin mendaftarkan KI, baik paten, hak cipta, desain industri, merek, indikasi geografis dan lainnya. Sentra KIUTS juga akan membantu hilirisasi/komersialisasi KI dengan pihak pihak lain termasuk industri dan UMKM, sehingga membantu para inventornya untuk dapat berdaya saing.

Di negara maju yang memiliki sumber daya kekayaan alam yang terbatas, kekayaan intelektual lah yang menjadi andalan utama kemajuan bangsanya. Sumbawa memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu juga memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam. Jika tidak dilindungi secara hukum dengan baik, maka potensi kekayaan intelektual tersebut memungkinkan hilang atau berpindah ke daerah lain, bahkan diakui oleh negara lain. Milestone ini masuk dalam visi kami untuk menjadikan UTS sebagai institusi pendidikan yang membumi yaitu melakukan advokasi dan edukasi kepada masyarakat sekitarnya mengenai pentingnya KI bagi kemajuan daerah.

Terima kasih Pak Dirjen, Pak Kakanwil, Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa, DPRD Sumbawa dan para dosen dan SA UTS, serta seluruh pihak yang membuat PKS ini terjadi.

#utsmembumidanmendunia