Rector Notes

Yudisium sekolah Pascasejara

Rector Notes No. 117

Satu minggu setelah saya dilantik menjadi Rektor UTS, dibawah pohon asam yang rindang di Ruang Publik Kreatif @universitasteknologisumbawa, saya bertemu dengan para mahasiswa Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen Inovasi. Kami berdiskusi mengenai rencana akreditasi prodi yang harus segera dilakukan, mengingat saat itu mereka harus segera lulus. Tanpa akreditasi yang berlaku dari BAN PT, sebuah Perguruan Tinggi tidak diperbolehkan meluluskan mahasiswanya.
Saya berjanji saat itu untuk segera mengurusnya dan menyatakan bahwa kita akan meluluskan mereka pada bulan September 2020 ini.


Berbekal pengalaman saya dalam mengelola dan mendirikan sebuah prodi pascasarjana di UI, saya membentuk sebuah tim. Saya berinama tim 13, karena beranggotakan 13 orang yang diketuai oleh Mas Abbyzar Agassi, yang menjabat sebagai Kepala BPMA UTS. Tim 13 tersebut bekerja siang dan malam dalam menyiapkan dokumen akreditasi. Semua orang yang pernah membuat dan menyiapkan dokumen akreditasi pasti paham. Ini pekerjaan yang sangat melelahkan. Tim berhasil submit dokumen pada akhir bulan Maret 2020. Dan alhamdulillah, atas izin Allah SWT, satu bulan berselang SK Akreditasi dari BAN PT keluar dengan predikat Akreditasi Baik.

Keluarnya hasil akreditasi ini disambut dengan riang gembira oleh para mahasiswa. Mereka adalah para pegawai Pemda, dinas militer, kepala sekolah dan wiraswasta yang memiliki semangat tinggi untuk menuntut ilmu.

Hari Selasa lalu adalah momen yang mengharukan sekaligus membanggakan. Tiga puluh enam mahasiswa tersebut berhasil menyelesaikan proses pendidikan ditandai dengan sidang Yudisium.

Semester ini, calon mahasiswa S2 yang akan kuliah di prodi MI jumlahnya membludak, mendekati angka 100 orang. Pun demikian jumlah mahasiswa asing dari berbagai negara yang daftar S2 melalui program UTS GAS lebih dari 100 orang.

Rasanya, janji saya dibawah pohon asam itu telah tertunaikan. Alhamdulillah. Terima kasih atas kerja keras dari the dream team yang saya bentuk. Pak Dr. Muh Saleh sebagai Dir Pasca, Pak Dr. I Putu Widiantara sebagai Kaprodi, mas Subhan sebagai admin, tim akreditasi, para warek dan yang lainnya.

#utsmembumidanmendunia