Rector Notes

kunjungan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbawa

Rector Notes No. 113

Terima kasih atas kunjungan Bapak H. Junaidi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Sumbawa bersama Pak Luthfi dan Pak Agus ke @universitasteknologisumbawa untuk kerja sama kedepan yang lebih erat dalam program pendidikan, penelitian dan pengembangan bidang peternakan.

Ketika saya datang ke Sumbawa, potensi yang saya lihat besar dan dapat dikembangkan adalah peternakan. Di jalan jalan banyak sekali kita temui sapi, baik jenis Sapi Bali, maupun Sapi Sumbawa. Maka tak heran, Sumbawa dijuluki sebagai Kabupaten sejuta sapi.


Melihat potensi ini, sebagai institusi pendidikan yang memiliki tugas pokok utama untuk mencetak SDM yang unggul, saat ini kami sedang mempersiapkan pembukaan program studi Peternakan. In syaa Allah akan membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2021 mendatang.

Untuk mendukung program studi tersebut, UTS melalui Badan Usaha Milik Kampus OMT saat ini sedang mempersiapkan peternakan penggemukan sapi bekerja sama dengan investor yang concern untuk pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini sedang dalam tahap pendirian kandang, persiapan bibit bakalan dan pakannya.

Selain meninjau persiapan kandang, Pak Kadis juga melihat peternakan bebek yang dikelola oleh mahasiswa kami, Hamdan dan Kasmir. Beliau dan timnya memberikan banyak ilmu terkait dengan pengelolaan pakan, kandang dan manajemen peternakan kepada tim OMT Farm yang dipimpin oleh Pak Rodi dan Mas Adil.

Semua yang terkait dengan pengembangan peternakan ini akan dibuat menjad sebuah buku. Sehingga dapat menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan peternakan penggemukan sapi dan bebek. Termasuk akan kami duplikasi di 20 desa binaan yang akan dimulai programnya pada pertengahan September mendatang.




Terima kasih Pak Kadis!