Rector Notes

Seminar Nasional Manajemen Inovasi (SEMAI) yang perdana

Rector Notes No. 103

Alhamdulillah selama dua hari kemarin, Sekolah Pascasarjana UTS sukses mengadakan Seminar Nasional Manajemen Inovasi (SEMAI) yang perdana. SEMAI akan menjadi program flagshipnya prodi satu satunya di Indonesia, Magister Manajemen Inovasi.

Prodi ini diinisiasi oleh Pak Gubernur Dr. @zulkieflimansyah tahun 2017 dalam merespon program Science Technopark (STP) dari pemerintahan Presiden 

Jokowi, periode pertama. Alhamdulillah saat awal awal kepemimpinan kami, prodi ini terakreditasi dengan Peringkat Baik. Saat ini dipimpin oleh Dr. Muhammad Saleh sebagai Direkturnya dan Dr. I Putu Widiantara sebagai Kaprodinya.

Dalam keynote speechnya kemarin, Pak Gubernur menyampaikan bahwa sebuah inovasi adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan rintangan dan tidak mudah. Bahkan banyak juga tikungan tikungan tajam.

Selanjutnya Kepala LLDIKTI VIII, Prof. Dasi Astawa menyampaikan bagaimana sebuah perguruan tinggi harus terus berinovasi agar memiliki daya saing. Dengan penyampaian yang menggebu, Prof. Dasi memberikan tips dan jalan menumbuhkan inovasi di lingkungan kampus. Perguruan tinggi harus menjadi kiblat masyarakat dalam berinovasi.

Agaknya yang disampaikan beliau berdua ini tepat sekali. Paling tidak saya sendiri mengalami dan merasakannya. Perlu pendirian dan semangat yang tinggi menghasilkan sebuah inovasi baru. Dan terus belajar dari setiap kegagalan dan kritik/saran yang diberikan.

Sepeda motor listrik ini adalah salah satu inovasi dari kampus @universitasteknologisumbawa dalam upaya untuk menyediakan sarana transportasi yang ramah lingkungan, bekerjasama dengan Industri Kecil Menengah (IKM) yang terletak dekat dengan kampus, Alfan Motor milik Pak Wawan. Kolaborasi adalah kunci dari semua ini, disamping semangat yang terus membara dari Ketua Tim NgebUTS kami, Pak Ahmad Jaya, MT.

#utsmembumidanmenduni