Rector Notes

Inovasi baru yaitu Solar-Powered Cold Storage

Rector Notes No. 65

Hari ini adalah hari jadi UTS yang ke-7. Di hari yang berbahagia ini, di bulan yang penuh rahmah dan magfirah, sivitas academica @universitasteknologisumbawa mempersembahkan sebuah inovasi baru yaitu solar-powered cold storage. Yaitu piranti pendingin/refrigerator bertenaga surya.


Rencananya bulan depan akan kami install di Kampung Bungin, Sumbawa yang merupakan kampung nelayan yang saat ini cukup terdampak wabah Covid -19, dimana banyak tangkapan ikannya tidak terlalu terserap oleh pasar. Sehingga untuk mengawetkan ikan agar tidak rusak diperlukan media pendingin.

Dalam merealisasikan ide ini, kami melibatkan UMKM lokal di bidang refrigerasi. Ini sesuai dengan semangat Pak Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah @zulkieflimansyah untuk meningkatkan industrialisasi, yaitu menaikkan nilai tambah dari sebuah produk lokal.

Kapasitas cold storage yang akan dibangun adalah 1200 liter, terdiri dari 4 buah box dan dipasok oleh PV panel berkapasitas 1200 Wp, baterai 1200 Wh dan dapat hybrid dengan jaringan listrik konvensional. Sehingga para nelayan tidak terbebani oleh biaya listrik dari cold storage ini.

Selamat Ulang Tahun ke-7, Kampus Elang Muda, UTS! Semoga keberadaanmu membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia.

#utsmembumidanmendunia .
https://www.kabarsumbawa.com/2020/05/21/ntb-produksi-cold-storage-tenaga-surya/