NEWS

Sumbawa, Kota Pendidikan di Indonesia Timur

Rector Notes No. 403

.

Ini judul yang agak provokatif sekaligus mengandung harapan. Bahwa Sumbawa kedepan akan menjelma menjadi daerah yang maju melalui sektor pendidikan, khususnya Pendidikan Tinggi. Mari kita lihat daerah daerah lain seperti Yogyakarta, Bandung, Malang dan Depok yang dijuluki sebagai Kota Pendidikan. Ini karena disana banyak terdapat institusi pendidikan tinggi. Semua PT tersebut maju dan berkembang.

Daerah daerah itu menjadi tujuan para pelajar dan mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Mari kita runut apa dampaknya sebuah daerah sebagai Kota Pendidikan. Penggunaan transportasi darat, laut dan udara akan meningkat. Sektor ekonomi lainnya juga akan bermunculan. Kost-kostan akan tumbuh. Warung makan/kuliner juga mulai ramai. Sektor pariwisata juga akan kecipratan dengan meningkatnya para pengunjung. Dan dampak lainnya.

Saat ini di Sumbawa terdapat 7 perguruan tinggi. Selain UTS, ada UNSA, STKIP Paracendekia NW, STAIS, STAI, STIKES Griya Husada dan AKOM. Tidak banyak kabupaten di Indonesia yang memiliki perguruan tinggi sebanyak ini. Ini sebenarnya merupakan modal dasar yang cukup untuk menjadikan Sumbawa sebagai Kota Pendidikan di Indonesia Timur.

Lalu bagaimana caranya membuat Sumbawa menjadi kota pendidikan? Menurut saya, perlu kerjasama seluruh pihak. Pemerintah daerah dan perguruan tinggi perlu saling proaktif. Di internal perguruan tinggi, mutu pendidikan perlu ditingkatkan. Ini akan menentukan daya tarik mahasiswa dari dalam dan luar Sumbawa untuk kuliah di Tana Intan Bulaeng.

Indonesia Timur memang perlu perhatian khusus. Patut diakui pembangunannya memang tidak secepat di bagian barat. Namun potensi yang dimilikinya begitu besar. Daerah ini berlimpah emas. Baik emas diatas permukaan tanahnya berupa potensi pertanian, peternakan, perikanan dll dan emas dibawah yang nyata nyata tambang mineral emas. Semua itu dapat digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan satu syarat : dikelola oleh SDM yang berkualitas.

Selamat Ulang Tahun ke 64 untuk Sumbawa. Semoga dapat menuju Sumbawa yang Gemilang dan Berkeadaban.

#utsmembumidanmendunia