NEWS

SALUTS

Rector Notes No. 404

.

Salah satu hal yang saya pelajari dan menjadi hikmah perjalanan ke Amerika Serikat melalui program IVLP adalah bahwa disana hubungan kemitraan universitas dengan industri dan pemerintah begitu sangat erat (Public Private Partnership).

Setiap program yang disusun oleh pemerintah selalu melibatkan akademisi sesuai dengan bidang keahliannya. Sehingga program yang dilaksanakan dapat tepat sasaran dengan analisis risiko yang matang.

Ketika pelaksanaan program pun, pemerintah selalu melibatkan private sector, akademisi maupun NGO. Misalnya, program IVLP yang merupakan program dari Department of State, organizer acara dan teknisnya adalah beberapa NGO yang ditunjuk.

Untuk mendorong hal ini, dalam satu tahun kedepan, kami akan meng-encourage para dosen untuk dapat berkegiatan di industri dan Pemerintah Daerah. Kita coba untuk lebih proaktif untuk mendatangi dan menjemput bola dengan dukungan alokasi pendanaan dari RKAT Universitas dan unit.

Adapun dampak baik yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Bagi para dosen, mereka dapat mengaplikasikan keilmuannya. Penelitian dan pengabdian masyarakat dapat dilakukan dalam skema ini. Akhirnya, ini akan menunjang peningkatan jenjang karir akademik para dosen.

2. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang akan bermanfaat selepas kelulusan mereka.

3. Bagi pemerintah dan industri, inovasi yang dihasilkan dapat ikut serta memecahkan permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dan industri/bisnis. Program kerja akan terus dikawal dan dikritisi agar memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

Saat ini setiap unit, fakultas dan sekolah sedang menyusun RKAT dimana salah satu fokusnya adalah Dosen Berkegiatan di Industri dan Pemerintah, yang kita branding dengan nama SALUTS : Solusi ALa UTS.

Semoga membawa dampak positif bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara.

#utsmembumidanmendunia