Rektor Note

Mahasiswa yang Enterpreneur

Rector Notes No. 361

Saya banyak mendapat inspirasi dan semangat dari kisah para mahasiswa kami. Kali ini, inspirasi semangat itu berasal dari Nadira Jaya Setiawan @nadirajase atau akrab disapa Jase, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2018.

Jase adalah singkatan nama mendiang ayahnya. Saat ia kelas 3 SMA, ayahnya meninggal dunia, tepat kemarin (26 Maret) 4 tahun yang lalu. Tujuh bulan berselang, Ibundanya menyusul sang suami ke haribaan illahi.

Jadilah Jase anak yatim piatu sejak awal masuk kuliah di UTS. Orang tuanya berasal dari Majalengka, Jabar yang merantau ke Sumbawa sekitar tahun 1990an.

Orang tuanya meninggalkan usaha pembuatan roti. Usaha ini kemudian diteruskan oleh Jase dan adik perempuannya, yang juga mahasiswa UTS.

Selain usaha pembuatan roti, Jase merambah ke usaha lainnya. Jase mendirikan warung aci yang menjual aneka camilan olahan dari tepung tapioka.

“Kalau roti ‘kan peninggalan orang tua, nah saya mau buat yang hasil usaha saya sendiri. Jadilah warung aci ini”, tutur Jase.

Mewarisi darah orang tuanya, ia memang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Kedainya terletak di depan rumahnya. Jika ada festival atau bazaar, Jase sering ikut meramaikan. Ia menjalankan usahanya sambil membagi waktu kuliah bersama adiknya. Kadang, teman temannya ikut membantu.

Jase juga mahir membuat film. Bersama sahabatnya, ia telah menelurkan beberapa karya. Semester lalu ia mendapatkan project pembuatan film singkat tentang tracer study. Isinya untuk mengajak para alumni berpartisipasi dalam pendataan alumni.
Film ini turut menghantarkan UTS meraih penghargaan pada International Conference on Tracer Study di Bali.

Rencana Allah memang pasti yang terbaik. Setelah ditinggal kedua orang tuanya, Jase dan adiknya menjadi lebih mandiri. Kampus ini membuka akses pendidikan tinggi dengan memberikan beasiswa.

Saya yakin sekali, Jase akan menjadi orang sukses yang memberi inspirasi kepada teman temannya. Kegigihan, keuletan dan daya juangnya yang tinggi akan membantu Jase meraih mimpi mimpinya. Semangat, kasep!

#utsmembumidanmendunia
@universitasteknologisumbawa