NEWS

Prodi Baru yang Ditunggu

Rector Notes No. 357

Alhamdulillah, setelah menunggu lebih dari satu tahun, setelah melalui penolakan dan revisi berkali kali, akhirnya dua program studi yang telah lama dinanti disetujui oleh Kemendikbudristek. Keduanya adalah Prodi Teknik Pertambangan dan Prodi Teknik Siatem Energi.

Ini menjadi prodi ke-30 dan 31 yang dikelola oleh @universitasteknologisumbawa. Kabar baik ini saya sampaikan saat safari ke Fakultas Rekayasa Sistem (FRS) @info.rekayasasistem sebagai Unit Pengelola Prodi (UPPS) Teknik Sistem Energi dan Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM) @ftlmuts.official sebagai UPPS Teknik Pertambangan. Dengan demikian baik FTLM dan FRS masing masing mengelola 5 prodi.

Jika ditelisik di PDDIKTI, baru ada 3 universitas di Indonesia yang membuka Prodi Teknik Sistem Energi (TSE) tingkat sarjana dan 1 tingkat pascasarjana. Di NTB, prodi TSE menjadi prodi pertama dan satu satunya.

Prodi TSE diharapkan mencetak lulusan yang menguasai dan memanfaatkan sumber daya dan sistem energi, baik energi berbasis fosil maupun energi terbarukan. Sementara Teknik Pertambangan akan menjadi mesin yang menelurkan lulusan yang handal pertambangan.

Kita ketahui bersama bahwa NTB kaya akan tambang mineral, khususnya emas. Pusatnya ada di Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu.

Tentu SDM yang cakap dan handal di bidang pertambangan menjadi kunci sukses pemanfaatan tambang untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Supaya kita tidak menjadi penonton di daerah sendiri. Namun aktif berpartisipasi dalam pembangunan daerah kita tercinta

Selain pertambangan mineral, saat ini di NTB juga sedang dibangun smelter yang tentu membutuhkan ribuan SDM yang berkompeten.

Terima kasih kepada Tim Warek 1, BPMA, FRS, FTLM dan para dosen yang telah berjuang bersama merealisasikan terbentuknya prodi baru ini di UTS. Ayo jadi bagian sejarah angkatan pertama prodi yang sangat prospektif ini!

#utsmembumidanmendunia