NEWS

Rumah Herbal Batu Tering

Rector Notes No. 346

Li Ching-Yuen diklaim sebagai manusia dengan umur paling panjang di muka bumi. Usianya mencapai 256 tahun. Li yang berasal dari Sichuan, Tiongkok adalah seorang ahli meditasi pernafasan dan tanaman obat (herbal).

Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di pegunungan untuk mempelajari dan menjual jamu. Kisah Li ini seolah ingin mengatakan bahwa betapa pentingnya tanaman obat/herbal bagi kesehatan.

Batu Tering adalah sebuah desa yang penuh dengan banyak potensi. Selain potensi wisata, ternyata desa yang dipimpin oleh Alwan Hidayat ini punya banyak potensi tanaman obat/herbal.

 

Berawal dari hibah kompetitif yang diberikan oleh Ditjen DIKTI Kemdikbud melalui program PHP2D, BEM UTS sebagai penerima hibah mengajukan usulan pembangunan Rumah Herbal di Desa Batu Tering.

Rumah Herbal ini akan menjadi etalase produk produk makanan dan minuman herbal yang berasal dari Desa Batu Tering. Selain itu menjadi wadah edukasi masyarakat Batu Tering dan masyarakat lainnya yang membutuhkan informasi terkait dengan produk herbal.

“Kalau orang membutuhkan olahan produk herbal dan ingin belajar herbal, maka mereka akan mengingat dan menuju Batu Tering”, harap Ketua PKK, Ny. Alwan Hidayat.

Agar program ini terus berlanjut, pengelolaan Rumah Herbal ini dikelola oleh Ibu Ibu PKK yang saat acara peresmian kemarin kompak mengenakan kerdung pink.

Saya dan Direktur Kemahasiswaan Mas Sherwin mencicipi teh rosella hasil inovasi BEM UTS. Rasanya ada asam dan manis, seger. Juga tak lupa saya memesan Minhe, minuman herbal anti tepar yang sudah terkenal itu. Minhe sudah tersedia di sebuah marketplace dan toko penyedia souvernir sebagai oleh-oleh.

Rasanya peranan mahasiswa sebagai agent of change terasa disini. Konkret dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Itu yang kami sebut sebagai UTS Membumi. Selamat untuk Laode, Teguh, Putra dan seluruh tim PHP2D BEM UTS @bemutsofficial. Terima kasih kepada @ditjen.dikti @kemdikbud.ri yang telah memberikan kepercayaan kepada kami.

#utsmembumidanmendunia