Rector Notes

Tiga Peran Pemimpin.

Rector Notes No. 339

Selepas subuh ini saya menonton “kuliah” Prof. Jimly Asshiddiqie, Pakar Hukum Tata Negara dan Guru Besar FHUI dalam tayangan Endagame di kanal Youtube Pak Gita Wirjawan.

Beliau bercerita mengenai demokrasi yang mengalami perkembangan signifikan seiring dengan perkembangan zaman.

Apalagi ditambah dengan masuknya teknologi disrupsi yang memaksa perubahan radikal dalam kehidupan berdemokrasi. Sebuah kuliah yang sangat menarik bagi saya yang berlatar belakang engineering.

Di bagian lain Prof. Jimly yang mantan ketua Mahkmah Konstitusi ini bercerita mengenai tiga peranan seorang pemimpin yang diharapkan.

Tiga tugas seorang pemimpin itu adalah: satu, sebagai system builder, dua, sebagai komunikator dan tiga, sebagai role model.

Membangun sistem dan tata kelola yang baik adalah unsur penting dalam sebuah organisasi. Dengan terbangunnya sistem tata kelola yang baik maka organisasi tersebut akan terus berjalan untuk mencapai tujuan bersama.

Membangun good governance ini tidak mudah. Kata Newton, “setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya”.

Keluar dari zona nyaman itu memang sulit karena mungkin perlu dibarengi oleh perubahan kultur. Sehingga perlu waktu, perlu approach, dan sesuai hukum Newton, perlu gaya yang sebanding dengan tekanan, yang mungkin dapat menimbulkan gejolak.

Seorang pemimpin harus bisa mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikirannya dengan timnya. Men-deliver apa apa yang ingin direalisasikan sesuai dengan tujuan bersama. Ia harus mampu mendelegasikan tugas kepada timnya.

Bagaimanapun, seorang pemimpin adalah seorang public figure. Orang akan melihat dan mencontoh pribadinya. Meski tak mungkin menjadi sosok yang paripurna karena sebagai manusia biasa, namun sebisa mungkin seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh yang baik.

Pada dasarnya kita semua adalah pemimpin, paling tidak pemimpin diri sendiri. Dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban di kemudian hari. Selamat mengemban amanah untuk para pemimpin baru di lingkungan @universitasteknologisumbawa yang telah dilantik.

#utsmembumidanmendunia