NEWS

Terima Kasih Elang Muda!

Rector Notes No. 326

Alhamdulillah, kemarin mendapatkan dua kabar gembira. Keduanya berasal dari Direktorat Kemahasiswaan, dibawah Wakil Rektor 1.

Pertama, pada acara konferensi internasional tracer study yang diadakan kemdikbud ristek di Bali, tim UTS yang diwakili oleh Direktur Kemahasiswaan Sherwin Ary Busman mendapatkan 2nd Best Poster Award dari 250an universitas yang mendapatkan hibah tracer study dari kemendikbud ristek.

Soal tracer study ini memang tim CDC UTS all-out. Selain membuat survey yang dibantu oleh tim khusus, mereka juga membuat film yang menurut saya luar biasa kualitasnya. Terima kasih untuk para alumni yang telah turut serta menyukseskan tracer study kita. Dari kegiatan ini banyak sekali insight sebagai dasar membuat kebijakan lebih lanjut berdasarkan data aktual.

Kabar kedua adalah peringkat Simkatmawa UTS kembali meroket. Dari peringkat 291 tahun 2019, menjadi 204 tahun 2020 dan tahun ini meningkat 50 poin menjadi peringkat 154 di tingkat nasional. Ini patut disyukuri untuk ukuran sebuah universitas yang baru berusia 8 tahun.

Simkatmawa, kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan, adalah sistem yang dibuat oleh Kemendikbud Ristek yang bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi untuk
meningkatkan kualitas layanan bidang
kemahasiswaan dan kegiatan-kegiatan
kemahasiswaan baik di tingkat wilayah, nasional
maupun intenasional dalam rangka mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sejak awal digulirkannya kebijakan MBKM awal tahun 2020, UTS terus aktif berpartisipasi dalam berbagai program yang melibatkan para mahasiswa, diantaranya adalah proyek pembangunan desa melalui program MERDEKA, program UTS Mengajar dan Magang Bersertifikat.

Saya tahu betul perjuangan mempersiapkan kedua ajang tersebut berdarah-darah. Harus berlembur-lembur, karena bukti bukti yang harus diupload itu seabreg. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa, seluruh direktorat dibawah Wakil Rektor, tim Dirmawa, para kaprodi dan dosen atas seluruh prestasi yang telah diraih selama tahun lalu hingga kini.

#utsmembumidanmendunia