Rector Notes

Akreditasi, Tonggak Peningkatan Kualitas Kampus

Rector Notes No. 317

Ini momen setahun lalu, ketika kami menandatangani borang borang persetujuan akreditasi yang akan disubmit. Ini momen bersejarah karena kala itu kita memutuskan untuk melakukan reakreditasi seluruh program studi.

Begitu banyak pelajaran dan hikmah yang diberikan oleh para asesor BAN PT saat proses akreditasi. Semua itu menjadi masukan yang sangat berharga bagi prodi, fakultas dan universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Proses akreditasi seluruh prodi ini memakan waktu 1 tahun. Hasilnya, sekarang peringkat akreditasi seluruh prodi telah berubah dari peringkat “C” menjadi peringkat “Baik”, dengan capaian nilai masing masing prodi yang terus meningkat. Prodi Teknobiologi, Ekonomi Pembangunan dan Teknik Mesin bahkan memiliki nilai diatas 300.

 

Kekurangan terbesar kita adalah minimnya dosen yang bergelar doktor. Karena berdasarkan instrumen penilaian akreditasi saat ini, seberapa tinggi pun nilainya jika pada prodi tersebut tidak memiliki dosen dengan kualifikasi pendidikan doktor maka paling maksimal akan mendapatkan akreditasi “Baik”.

Maka sedari awal, agenda utama kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan doktorisasi. Ini program yang membutuhkan waktu panjang dan biaya tinggi. Tidak bisa instant. Dengan memanfaatkan jaringan yang kami miliki, saat ini UTS bekerjasama dengan Universitas Teknologi Malaysia sedang memfasilitasi pendidikan doktor bagi 10 dosen kami.

Selain itu, kami juga mendukung para dosen untuk melanjutkan pendidikan doktor dengan berbagai skema beasiswa umum, seperti LPDP, beasiswa universitas dan skema lainnya. Mumpung mereka ini masih muda, semangatnya masih membara.

Setelah seluruh prodi terakreditasi, maka saatnya kita mempersiapkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Dibawah koordinasi BPMA, telah terbentuk tim AIPT yang terdiri dari para dosen lintas prodi. Terima kasih kepada seluruh dosen dan sivitas academika UTS atas pengabdian dan dedikasinya dalam meningkatkan kualitas kampus kita tercinta.

#utsmembumidanmendunia