NEWS

Welcome Prodi Konservasi Sumber Daya Alam.

Rector Notes No. 315

Alhamdulillah, satu lagi program studi yang telah disetujui DIKTI untuk dibuka di @universitasteknologisumbawa , Prodi Konservasi Sumber Daya Alam. Proses pengajuannya memakan waktu 10 bulan. Ini prodi yang sangat relevan untuk mendorong pembangunan di Sumbawa, NTB, Indonesia dan dunia.

Kita dianugerahi Allah SWT dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah. Pemberian sang Maha Kuasa ini tentu perlu dimanfaatkan untuk sebesar besarnya kepentingan rakyat, sesuai amanat konstitusi.

Dalam kaitan dengan pemanfaatan kekayaan SDA, sebenarnya generasi saat ini berhutang pada generasi masa depan. Oleh karena itu, saat dan setelah ekplorasi dan eksploitasi SDA perlu sangat bijaksana dan memperhatikan kesinambungan persediaannya.


Lulusan dari prodi ini dapat berkiprah diberbagai bidang. Seperti di badan pemerintahan (lingkungan hidup), perusahaan (BUMN atau Swasta) atau membuka usaha sendiri (wirausaha). Selain itu, bisa juga berkarir sebagai peneliti dan akademisi setelah mendapatkan pendidikan pascasarjana.

Prodi ini kami tempatkan dibawah Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM). Dengan demikian, UTS saat ini memiliki 21 program studi sarjana dan pascasarjana. Ditambah prodi dari IISBUD dan AKOM menjadi 29 prodi.

Kami masih menunggu prodi lainnya disetujui, diantaranya Teknik Sistem Energi, Teknik Pertambangan dan Ilmu Aktuaria. Penambahan prodi ini dimaknai selain untuk mengembangkan panji panji keilmuan, juga untuk meningkatkan akses masyarakat dalam mendapatkan pendidikan tinggi.

Terima kasih kepada tim penyusun Prodi KSDA Bu Mega dan tim serta BPMA dan para wakil rektor. Semester ganjil 2022 in syaa Allah sudah mulai pembelajaran untuk angkatan pertama.

#utsmembumidanmendunia