NEWS

Beasiswa untuk Pak Judin dkk.

Rector Notes No. 308

Beberapa waktu lalu saya berdiskusi dengan Pak H. Sahril, saat itu beliau menjabat sebagai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa. Ternyata, drop-out rate siswa SD/SMP/SMA di Sumbawa cukup tinggi. Penyebabnya bermacam macam. Ada yang orang tuanya berpindah-pindah, ada yang keluarganya bermasalah dll. Penyebab yang paling banyak dikarenakan kesulitan ekonomi keluarga.

Contohnya tidak perlu jauh jauh. Dalam keluarga besar UTS pun demikian. Masih banyak staf penunjang kampus yang belum sempat menyelesaikan pendidikan SMP/SMA. Mereka adalah para pegawai yang sehari hari bertugas menjaga keindahan, kebersihan dan keamanan kampus. Seperti dalam foto ini, Pak Judin, koordinator tim taman kampus.

Bagi kami, peranan mereka sangat penting bagi kemajuan kampus. Sama pentingnya seperti dosen dan staf tenaga kependidikan. Oleh karena itu, untuk mengapresiasi kinerja mereka, mulai tahun ajaran ini kami memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Paket B dan Paket C melalui kerjasama dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat).

Total ada 23 orang staf kami yang mendapatkan Beasiswa Pendidikan ini. Di sela sela kesibukan mereka bekerja, mereka sisihkan waktu untuk belajar. Sesekali, guru mereka diisi oleh para dosen-dosen UTS. Senda gurau dalam suasana kekeluargaan dan kebersamaan senantiasa tercipta.

Kami percaya hanya dengan pendidikanlah, baik formal maupun informal, suatu nasib dapat diubah. Meski usia mereka tidak lagi muda, bergabungnya mereka bisa menjadi teladan yang baik bagi anak anak dan keluarganya. Bahwa belajar itu harus sepanjang hayat.

Disamping itu, mereka pun kelak akan mendapatkan manfaatnya, karena sistem penggajian di kampus menggunakan sistem jenjang pendidikan. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin besar nilai gaji pokoknya.

Setelah memastikan urusan didalam kampus selesai dan para staf kami mendapatkan pendidikan setara dengan pendidikan SMA, kami berencana untuk memberikan beasiswa yang sama kepada masyarakat sekitar yang putus sekolah SD/SMP/SMA. Semoga Allah berikan kemudahan.

#utsmembumidanmendunia