NEWS

Peresmian Gedung Integrated Laboratory

Rector Notes No. 295

Minggu lalu (05 Sept 2021), Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah turut serta meresmikan Gedung Integrated Laboratory @universitasteknologisumbawa. Gedung sederhana dua lantai ini terdiri dari 6 ruang kelas masing masing berkapasitas 40 orang, 5 ruang kantor dan staf, serta sebuah auditorium yang cukup menampung 250 orang. Aula tersebut selain berfungsi sebagai tempat pertemuan, juga dimaksudkan untuk tempat kuliah dan praktikum/pameran bukan hanya mahasiswa saintek, tetapi juga sosial humaniora.

Sesuai dengan namanya, Integrated Laboratory ini dimaksudkan sebagai tempat terjadinya kolaboraksi (kolaborasi-aksi) multidisiplin dari dosen dan mahasiswa lintas program studi. Misalnya, dosen/mahasiswa Teknik Mesin bisa berkolaboraksi dengan dosen/mahasiswa Psikologi dan Ekonomi, Teknik Elektro dengan Fateta, dan lain sebagainya.

Kolaboraksi ini tentu dimaksudkan untuk membantu menyelesaikan dan menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Dalam sambutannya, Dr. Zul mengatakan bahwa setiap dosen harus memiliki “mainan – toys”nya sendiri agar terus bersemangat melaksanakan tridarma perguruan tinggi sesuai dengan kapasitas dan keahliannya masing masing. Di tempat inilah inovasi dan kolaboraksi dapat bermula.

Gedung ini dirancang oleh Pak Edy Zatriady, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Universitas dengan kontraktor divisi konstruksi PT. Olat Maras Teknologi, badan usaha milik kampus. Sebagai bentuk penghargaan bagi para wisudawan lulusan terbaik, foto-fotonya terpampang di dinding kaca luar gedung, sebagai simbol motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk terus mengukir karya dan prestasi.

Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pembangunan gedung ini. Ini bagian dari milestone kampus ini untuk merealisasikan rencana strategis tahun kedua, yaitu meningkatkan kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

#utsmembumidanmendunia