NEWS

Welcome Prodi Bisnis Digital

Rector Notes No. 292

Sejarah baru kembali dibuat. Program Studi Bisnis Digital telah disetujui oleh DIKTI untuk dibuka di UTS. Ini bagian dari milestone kampus untuk terus mengembangkan panji panji keilmuan terkini dan meningkatkan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat.

Sekarang memang eranya digital. Kita saksikan kehadiran beberapa perusahaan startup unicorn baru di Indonesia dan dunia yang menghadirkan berbagai layanan secara digital. Dalam waktu singkat mereka bisa tumbuh menjadi perusahaan raksasa.

Minggu lalu saya belajar ilmu baru mengenai digital marketing dari seorang alumni prodi Psikologi. Saya yang mewisudanya di bulan Maret 2020 lalu. Selepas lulus, ia berkiprah di sebuah perusahaan digital marketing. Setahun berselang, ia membuat perusahaan sendiri. Omsetnya sudah tembus hingga Rp 1 M per bulan.

Ternyata, ilmunya di bidang psikologi sangat membantunya dalam membranding sebuah produk. Dia tahu bagaimana caranya agar produknya dibeli oleh konsumen. “Orang membeli produk atau layanan itu karena persoalan emosi atau psikis, Pak”. Begitu katanya. Dia juga belajar tentang membuat website dengan segala codingnya.

Saya bangga sekali. Namun ia minta tidak mempublikasikan namanya. “Masih belum berhasil, Pak. Masih mempersiapkan segala sesuatunya”. Ia memang humble, sifat yang mendarah daging bagi setiap lulusan Kampus Elang Muda. Padahal karyawannya saat ini sudah puluhan.

 

Saya mentargetkan tinggi kepada Dekan FEB, dimana Prodi Bisnis Digital ini benaung. Lulusan prodi ini, bersama Prodi Kewirausahaan, harus menjadi pengusaha semua. Evaluasi akhirnya tidak perlu skripsi. Cukup studi independen yang melaporkan berapa omset yang sudah didapat selama menjadi mahasiswa.

Kita harus terus bersama sama berupaya menciptakan banyak enterpreneur muda. Agar perekonomian kita bangkit dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Foto : Naik NgebUTS bersama Pimpinan Cabang BNI Pak @putu.astrawan22 dimana BNI akan mensupport digitalisasi kampus @universitasteknologisumbawa.

#utsmembumidanmendunia