NEWS

Enggar Dan Bintang

Rector Notes No. 291

Beberapa hari ini saya mendapatkan kabar menggembirakan, dua orang yang saya rekomendasikan untuk studi di KIST, pusat riset milik pemerintah Korea untuk think tank bidang teknologi, telah menyelesaikan studinya. Mereka adalah Enggar dan Bintang.

Mengingat Enggar rasanya membuat saya terharu. Perjalanan hidupnya dalam menggapai gelar doktoral penuh dengan drama. Percis dengan film Winter Sonata, penuh dengan kesedihan dan perjuangan.

Sebelum bergabung dengan KIST, Enggar pernah mengenyam program master di salah satu kampus tetangga. Sayangnya, setelah 1,5 tahun berjuang, ia harus keluar dari kampus tersebut. Disitulah letak dramanya.

Singkat cerita, akhirnya Enggar bergabung dengan KIST, menggantikan posisi saya yang baru saja lulus. Saya memang punya hak untuk merekomendasikan mahasiswa yang menjadi pengganti saya kepada supervisor. Saya berkata padanya. Setiap orang memiliki masa lalu. Namun kita hidup untuk saat ini dan masa yang akan datang. Jangan terlalu terbebani dengan masa lalu. Tulislah sejarah baru dengan pena-mu sendiri.

Dari awal, saya yakin Enggar akan sukses. Saya melihat dari sikap dan kesungguhannya. Feeling saya benar. Hasil penelitiannya berhasil dipublikasikan di berbagai jurnal bonafit yang impact factornya tinggi. Jauh lebih tinggi dari pencapaian senior senior lab sebelumnya, termasuk saya.

Di akhir masa studinya, ia mendapatkan penghargaan tertinggi, President Award atas pencapaiannya dalam studi. Ia menjadi lulusan doktor terbaik, yang tentu mengharumkan nama bangsa.

 

Sementara Bintang adalah bimbingan saya di EMAT UI. Saat menyelesaikan skripsinya tahun 2018, di mata saya ia memang seorang bintang. Rajin dan well-performed risetnya. Semasa studi masternya di KIST, Bintang berhasil mempublikasikan beberapa paper, dimana 2 diantaranya sebagai first author. Atas hasil karyanya ini, ia mendapatkan penghargaan Excellent Award dari President KIST.

Alhamdulillah. Rasanya saat ini saya sedang merasakan kebahagiaan seorang guru. Yaitu manakala murid muridnya berhasil bahkan lebih berhasil dari gurunya.

Untuk Elang Muda yang baru lulus dan mau lanjut studi, welcome jika butuh rekomendasi.